Survei: Ada 8 Partai Lolos Ambang Batas ke Senayan, PAN Terancam

- Kamis, 7 April 2022 | 17:18 WIB
Lembaga survei Suara Milenial Institute merilis survei terbaru tentang elektabilitas partai politik di masa pandemi (Partai Gelora)
Lembaga survei Suara Milenial Institute merilis survei terbaru tentang elektabilitas partai politik di masa pandemi (Partai Gelora)

HARIAN HALUAN - Lembaga Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research memprediksi ada delapan partai politik di Tanah Air bakal lolos ke Senayan. Artinya elektabilitas parpol berada di atas empat persen sebagai syarat ambang batas.

"Delapan partai politik diprediksi lolos ambang batas (parliamentary threshold), sedangkan beberapa partai terancam terpental dari Senayan," ujar peneliti indEX Research, Reza Reinald, dalam rilisnya kepada media, Kamis (7/4/2022).

Hasil survei yang dilakukan lembaga tersebut menunjukkan sejumlah partai politik masih memiliki elektabilitas di bawah empat persen. Partai itu di antaranya PPP hanya meraih elektabilitas 2,1 persen dan PAN 1,5 persen.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Pranowo Kandidat Capres Terkuat

Sisanya adalah partai baru, yaitu Partai Ummat 1,2 persen dan Gelora 1,1 persen. Berikutnya ada Perindo 0,9 persen, Hanura 0,7 persen, PBB 0,4 persen, PKPI 0,3 persen, dan Berkarya 0,1 persen.

Ia mengatakan partai yang mendukung pemilu ditunda elektabilitasnya naik 1,5 persen, tetapi masih berjuang untuk menembus ambang batas agar bertahan di Senayan.

Selain itu, indEX Research memaparkan partai-partai yang memuncaki elektabilitas. Posisi pertama ditempati PDIP dengan elektabilitas 17,5 persen, disusul Gerindra sebesar 13,0 persen dan Golkar 8,3 persen.

"PDIP, Gerindra, dan Golkar kembali menguasai tiga besar elektabilitas, sedangkan PSI menembus angka 6,1 persen," papar Reza.

Menurut Reza, kenaikan elektabilitas Partai Golkar membuat posisinya kembali pada tahun lalu. Golkar sempat terancam oleh Demokrat yang mendulang lonjakan elektabilitas selama gonjang-ganjing KLB yang akhirnya gagal digulirkan.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X