Kasus Migor hingga Kebijakan Kemendag, Survei: Ketidakpuasan Jokowi Meningkat

- Kamis, 7 April 2022 | 18:24 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

HARIAN HALUAN - Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research mengeluarkan hasil terkait kepuasan dan ketidakpuasan terhadap Presiden Joko Widodo. Tercatat responden terhadap Jokowi meningkat menjadi 19,4 persen, dimana 2,3 persen di antaranya merasa tidak puas sama sekali, sedangkan sisanya sebanyak 1,3 persen tidak tahu dan tidak menjawab.

Menurut peneliti Reza Reinaldi, menurunnya tingkat kepuasan tersebut harus menjadi peringatan dini bagi Pemerintah untuk mengambil kebijakan yang lebih tepat.

"Dalam kasus minyak goreng, kebijakan Kementerian Perdagangan yang berubah-ubah dan membuat antrean terjadi di mana-mana," ujar Reza.

Terlebih lagi, kebijakan yang diambil menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, sehingga Pemerintah harus membuat langkah jitu untuk mencegah lonjakan harga-harga yang memicu inflasi.

Reza mengatakan Presiden tampak telah menangkap keresahan publik dan ingin jajaran Kabinet Indonesia Maju segera mengambil langkah prioritas untuk menangani masalah tersebut.

Hal itu ditunjukkan dengan sikap Presiden Jokowi yang meminta semua pihak menghentikan wacana perpanjangan masa jabatan tiga periode dan fokus mengatasi inflasi global.

Dia menambahkan publik masih menunggu konsistensi Pemerintah dalam memutuskan strategi untuk mengatasi persoalan tersebut. Jika tidak berhasil ditangani dengan baik, maka bisa berdampak pada anjloknya tingkat kepuasan publik.

Untuk kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai 79,3 persen, dimana 6,3 persen di antaranya responden merasa sangat puas. Angka tersebut turun dari survei sebelumnya pada Januari 2022 yang berada di atas 80 persen.

Survei indEX Research dilakukan pada 21-30 Maret 2022, dengan melibatkan 1.200 responden yang mewakili semua provinsi dan dipilih secara acak bertingkat. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka, dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X