Pastikan Ketersediaan Kedelai Aman, Mentan Syharul Tinjau Produksi Tahu di Jakarta

- Jumat, 8 April 2022 | 16:31 WIB
Mentan Syahrul tinjau Produksi Tahu di Jakarta
Mentan Syahrul tinjau Produksi Tahu di Jakarta

 

HARIAN HALUAN - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau produksi tahu di Jakarta Selatan, kawasan Mampang Prapatan. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan komoditas kedelai sebagai bahan baku utama pembuatan tahu, khususnya dalam memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran.

"Saya telah mendengar langsung dari pengrajin tahu di Jakarta Selatan bahwa ketersediaan kedelai untuk puasa dan lebaran dalam kondisi aman," ujar SYL saat berdialog dengan pengrajin tahu Mampang Prapatan, Jumat, 8 April 2022.

Menurut Mentan, pemerintah saat ini terus mengupayakan peningkatan produksi kedelai lokal dengan menyediakan bibit unggul hasil penelitian Balitbangtan. Bahkan produksi tahun ini ditargetkan mencapai 1 juta ton yang ditanam di atas lahan 650 ribu hektare.

Baca Juga: Impor Kedelai Bikin 'Kantong' Pejabat Makin Tebal, Alasan RI Tak Kunjung Swasembada

Disisi lain, harga komoditas kedelai di pasar Internasional dalam kondisi yang cukup bagus, dimana saat ini harganya berada di kisaran Rp 10 ribu perkilogram. Dengan posisi itu maka pemerintah mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman secara besar-besaran.

"Sekarang harganya relatif bagus kok, yaitu 10 ribu. Jadi saya mengajak semua pihak yang terlihat dalam pembangunan pertanian untuk menanam kedelai," katanya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Ali Murtado mengatakan bahwa ketersediaan tahu untuk puasa dan lebaran dalam kondisi aman. Jaminan itu menurut Sekretaris kota Jakarta selatan, hampir bisa dipastikan karena selama ini banyak pengrajin di wilayah kotanya terus melakukan komunikasi secara intens.

"Tadi juga kita diminta sama Bapak Menteri (SYL) untuk terus berkomunikasi dan mendampingi para pengrajin tahu agar tetap berproduksi dalam memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran. Saya pastikan kebutuhannya aman," katanya.

Baca Juga: Mentan: Dunia Alami Degradasi Lahan, Kita Butuh Solusi dari Pakar Pertanian

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X