Puluhan Kebakaran Terjadi Sejak Awal Tahun 2022 di Padang, Ini Penyebabnya Kata Damkar

- Jumat, 8 April 2022 | 20:36 WIB
Damkar Padang saat melakukan pemadaman di salah satu lokasi di Kota Padang
Damkar Padang saat melakukan pemadaman di salah satu lokasi di Kota Padang

HARIAN HALUAN - Sebanyak 72 kasus kebakaran terjadi di Kota Padang sejak awal tahun 2022 hingga awal April 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang saat ditemui HarianHaluan.com pada Jumat 8 April 2022.

Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Sutan Hendra mengatakan sejak bulan Januari hingga April 2022, tercatat sebanyak 72 kasus kebakaran dan 41 kasus diantaranya merupakan kebakaran rumah.

Baca Juga: Petugas Damkar Padang Evakuasi Ular Piton dalam Kap Mesin Mobil Warga

"Untuk penyebab kebakaran bangunan rumah di Kota Padang saat ini masih didominasi oleh kasus korsleting, arus pendek dan kelebihan daya listrik, setidaknya ada 7 kasus yang rata-rata terjadi akibat instalasi listrik rumah tangga," katanya.

Sementara itu, untuk rincian kasus kebakaran rumah tersebut, berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang ada sebanyak 13 peristiwa kebakaran rumah terjadi pada bulan Januari, 12 rumah terbakar di bulan Februari, 11 rumah terbakar pada bulan Maret dan 6 rumah hingga Jumat 8 April 2022.

"Selain kebakaran rumah, ada 16 kasus kebakaran lahan hutan terjadi di Kota Padang selama 3 bulan terakhir yang diduga disebabkan karena pembakaran lahan atau sampah secara sembarangan oleh masyarakat," ujar Sutan Hendra.

Baca Juga: Kebakaran Lagi di Solok Selatan, Satu Unit Kedai dan 1 Mobil Dilalap Sigulambai

Kemudian menurut catatan Damkar Kota Padang, untuk kebakaran lahan tercatat sebanyak 15 peristiwa kebakaran terjadi pada bulan Januari, Februari 22 kasus, Maret 19 kasus, dan hingga hari ini tercatat ada 16 peristiwa kebakaran," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X