Lakukan Pengawasan BBM Bersubsidi, Inilah 6 Kasus Penindakan Polda Sumbar Selama Januari-April 2022

- Minggu, 10 April 2022 | 17:46 WIB
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

HARIAN HALUAN.COM - Polda Sumbar lakukan penindakan terhadap 6 kasus yang terjadi di wilayah hukumnya selama Januari-April 2022.

Hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi Kapolri kepada seluruh Polda dan jajaran untuk melakukan pengawasan terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. 

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, keenam kasus penyalahgunaan BBM tersebut terhitung sejak Januari hingga tanggal 10 April 2022.

Baca Juga: 16 Terduga Teroris Masih Berada di Polda Sumbar, Berjejaring dengan Negara Islam Indonesia

"Proses pengungkapan dan sidiknya ada yang dilakukan oleh Ditreskrimsus Polda Sumbar dan ada juga yang dilakukan oleh beberapa Polres," katanya pada Minggu 10 April 2022.

Ia menjelaskan beberapa kasus penindakan terhadap BBM bersubsidi diantaranya, pertama pada hari Senin tanggal 3 Januari 2022 sekira pukul 12.00 WIB, tim dari subdit IV Ditreskrimsus Polda Sumbar menemukan langsung terhadap dugaan tindak pidana menyalahgunakan pengangkutan dan atau Niaga bahan bakar minyak yang disubsidi oleh pemerintah tanpa izin usaha niaga berupa bahan bakar minyak jenis Bio Solar.

"Ini ditemukan langsung oleh petugas di SPBU Pertamina Pitameh, yang berada di jalan raya Padang-Indarung Kelurahan Tanjung Saba Pitameh Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, dimana pelaku adalah RYG (43 tajun) warga Parak Laweh Pulau Aia Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang dan KP (28) warga Pitameh Tanjung Saba Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung dan kasus tersebut telah P21," ujar Kabid Humas. 

Baca Juga: Polisi Pantau 24 Jam Distribusi BBM di Seluruh Provinsi, Demi Menghindari Pengoplosan dan Penimbunan

Dalam penindakan tersebut, pihaknya mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil merek Toyota Kiang Standart KF 52 Long Warna Biru No. Pol BA 1989 BH bermuatan tangki modifikasi yang berisikan bahan bakar minyak yang disubsidi oleh pemerintah jenis Bio Solar.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X