Adanya Informasi Teroris Banyak di Tanah Datar, Bupati Eka Putra Angkat Bicara

- Rabu, 13 April 2022 | 10:50 WIB
Bupati Tanah Datar Eka Putra
Bupati Tanah Datar Eka Putra

HARIAN HALUAN - Bupati Tanah Datar Eka Putra menegaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kepolisian untuk menindaklanjuti adanya pemberitaan yang menyebutkan ada ratusan orang anggota jaringan terorisme Negara Islam Indonesia (NII) di Tanah Datar. 

Eka Putra mengatakan dalam koordinasi yang dilakukan, pihaknya akan mempelajari apa-apa saja kriteria yang disebut terpapar ajaran radikal dan termasuk dalam jaringan teroris

Sebab dikatakannya hal ini akan menjadi dasar bagi Pemkab Tanah Datar dalam mengambil kebijakan dan melakukan pengawasan kepada masyarakat. 

Baca Juga: Mabes Polri Ungkap Jumlah Anggota NII di Sumbar, Jumlahnya Ribuan dan Terbanyak di Dua Kabupaten Ini

"Kami sangat meragukan masyarakat Tanah Datar banyak yang terpapar radikalisme. Sebab, Tanah Datar adalah daerah pejuang dan terbukti begitu banyak tokoh-tokoh bangsa yang berasal dari Tanah Datar," katanya.

Namun dijelaskannya kalau ada orang luar yang datang ke Tanah Datar, lalu menyebarkan ajaran Radikal, hal tersebut menurutnya mungkin terjadi.

"Kami juga akan meminta petunjuk kepada BNPT kiat-kiat menelusuri adanya jaringan terorisme sehingga bisa diteruskan kepada pemerintahan nagari dan jorong," ujarnya.

Baca Juga: Dari Ribuan Anggota NII di Sumbar, Ternyata 77 Anggota Berusia di Bawah 17 Tahun

Ia menjelaskan bahwa pemerintahan nagari dan jorong adalah garda terdepan di tengah masyarakat. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X