Kementan: Ketersediaan 12 Bahan Pangan Pokok di NTT Terpantau Aman

- Rabu, 13 April 2022 | 21:31 WIB
Kebutuhan pangan di NTT aman
Kebutuhan pangan di NTT aman

HARIAN HALUAN - Kementerian Pertanian (Kementan) menyampaikan pasokan 12 (dua belas) bahan pangan pokok di Nusa Tenggara Timur (NTT) terpantau aman dan mencukupi untuk kebutuhan bulan Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Nasrullah saat melakukan pemantauan ketersediaan dan pasokan 12 bahan pangan pokok di Pasar Naikoten I Kupang dan distributor, serta beberapa sentra produsen bahan pangan pokok, Rabu (13/4).

Kedua belas bahan pangan pokok yang dipantau oleh Kementan dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di NTT, diantaranya: beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabe kriting, cabe rawit, gula pasir, minyak goreng, kedelai, serta pangan asal ternak, yaitu daging sapi, daging ayam dan telur ayam.

Baca Juga: Kementan Sinergi Dorong Kopi Indonesia Ungguli Kopi Dunia

"Kami kesini ditugaskan oleh Bapak Menteri Pertanian untuk terus memantau ketersediaan 12 bahan pangan pokok untuk memastikan kebutuhan masyarakat di NTT tercukupi, terutama untuk pemenuhan kebutuhan selama di bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti," kata Dirjen PKH Nasrullah.

“Kita dapat melihat saat ini baik di pasar maupun di distributor, serta di sentra-sentra produsen 12 bahan pangan pokok dapat kita buktikan kalau ketersediaannya semua aman dan mencukupi,” ungkapnya menjelaskan.

Sebagai informasi berdasarkan data laporan dari Pemerintah Daerah Provinsi NTT bahwa ketersediaan 12 bahan pangan pokok per 13 April 2022 mencukupi. Masing-masing bahan pangan pokok tersebut yaitu ketersediaan beras sebanyak 105,25 ribu ton, jagung 13,27 ribu ton, bawang merah 274 ton, ketersediaan bawang putih 202 ton dengan kebutuhan 115 ton, ketersediaan cabe besar 131 ton dengan kebutuhan 55 ton, ketersedaan cabe rawit 139 ton dengan kebutuhan 64 ton, ketersediaan gula pasir 591 ton dengan kebutuhan 452 ton , ketersediaan minyak goreng 345 ton dengan kebutuhan 399 ton dan kedelai 488 ton.

Khusus untuk ketersediaan pangan asal ternak, yaitu daging sapi sebanyak 450 ton dengan kebutuhan 75 ton, ketersedian daging ayam 380 dengan kebutuhan 205 ton dan ketersediaan telur ayam 310 ton dengan kebutuhan 241 ton.

Pada kesempatan yang sama, Normanus Haning selaku Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Rote Ndao NTT menyampaikan, ketersediaan 12 bahan pangan pokok selama Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri dapat terpenuhi dalam jumlah yang cukup.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:22 WIB

Delapan Tips Beli Kandang Peliharaan Agar Tetap Sehat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:42 WIB
X