DPR-RI Sebut 200 Juta Data Kependudukan Terancam Hilang

- Kamis, 14 April 2022 | 12:15 WIB
Gedung DPR RI /Instagram/
Gedung DPR RI /Instagram/

Jakarta, HarianHaluan.com – Anggota Komisi II DPR-RI Luqman Hakim menyebut bahwa Indonesia terancam kehilangan 200 juta data kependudukan. Luqman menyebut data yang terancam hilang tersebut tersimpan di pusat data Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

‘Kita menghadapi ancaman serius mengenai data kependudukan. Hampir 200 juta. data kependudukan yang tersimpan di data center Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terancam hilang atau musnah," ujar Luqman dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (12/4).

Lebih lanjut, Luqman mengungkap hal itu disebabkan oleh perangkat keras berupa ratusan server yang menyimpan data tersebut berusia cukup tua dan kadaluwarsa. Bahkan, menurutnya, tak ada pihak yang berani memperbaiki ratusan server tersebut karena kemungkinan kerusakan tambah besar.

Baca Juga: Mahasiswa UI Desak Luhut Buka Big Data: Kita Harus Semakin Terbiasa dengan Perbedaan Pendapat

"Hal ini akibat dari perangkat keras yakni ratusan server sebagai tempat penyimpanan data ini yang dikelola oleh data center Dukcapil usianya sudah terlalu tua, aus, kadaluwarsa dan sebagian spare part sudah discontinue," sambungnya.

Politisi PKB tersebut menilai kondisi ini jelas akan sangat merugikan bagi bangsa Indonesia.

"Tentu ini sangat berbahaya, saya sangat khawatir data kependudukan yang menjadi basis banyak pelayanan negara kepada rakyat ini, apabila sistemnya mengalami down dan hardware-nya mengalami kerusakan fatal, maka bisa saja kita akan setback, kembali ke jaman batu," jelas Luqman.

Apalagi menurutnya hingga kini belum ada upaya komprehensif dari#Kemendagri untuk mengatasi masalah tersebut.

"Sampai hari ini terdapat sekitar empat ribu lima ratus tujuh belas instansi yang melakukan kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dalam pemanfaatan data kependudukan ini," kata Luqman

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X