Ketua DPRD Sumbar Minta Pemerintah Serius Tangani NII, Supardi: Jangan Sampai Image Sumbar Jadi Sarang Teroris

- Jumat, 15 April 2022 | 17:55 WIB
Ketua DPRD Sumbar Supardi
Ketua DPRD Sumbar Supardi

HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Supardi buka suara terkait pernyataan Mabes Polri mengenai adanya 1.125 anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatera Barat. 

Menurut Supardi, Pemerintah Daerah tidak mengenal pasti NII dalam konteks terorism itu seperti apa, apakah konteksnya seperti Gerilya NII di zaman Pemberontakan Kartosuwiryo.

"Pemda tidak terlalu memahami apakah NII yang ada saat sekarang ini sebagai paham pemberontak atau aliran keras. Ketika mereka ditangkap oleh Polri, kan tidak ada keterangan apa yang membuat mereka dianggap sebagai teroris, jikalau atas kepemilikan senjata saja, mungkin masyarakat banyak pula yang menyimpan hal yang seperti itu. Sementara, secara kultur masyarakat Sumbar tidak ada jiwa pemberontak melainkan jiwa kritis," kata Supardi saat dilakukan wawancara ekslusif di Rumah Dinas Ketua DPRD, Jumat 15 April 2022. 

Baca Juga: Mabes Polri Ungkap Jumlah Anggota NII di Sumbar, Jumlahnya Ribuan dan Terbanyak di Dua Kabupaten Ini

Sementara, tambahnya, saat ini tugas Pemerintah Daerah kalau memang seandainya dinyatakan Dharmasraya dan Tanah Datar termasuk daerah yang banyak kader NII nya, maka kota dan kabupaten lain harus segera melakukan tracking oleh masing-masing kepala daerah mengenai aliran-aliran seperti ini. 

"Kepala Daerah dan Bupati masing masing Kota dan Kabupaten harus segera mengambil sikap dan harus mengklarifikasi soal warganya, kenapa bisa terjadi hal seperti itu, jangan di diamkan saja! Jikalau didiamkan saja, masyarakat menjadi bertanya-tanya dan salah paham," tuturnya.

Dikatakan Supardi, Pemerintah Daerah harus jemput bola terhadap warganya. Langkah antisipasi harus bisa dilakukan setelah pemerintah menelusuri dan crosscheck atau investigasi siapa saja warganya yang terlibat langsung oleh NII

Baca Juga: Dari Ribuan Anggota NII di Sumbar, Ternyata 77 Anggota Berusia di Bawah 17 Tahun

"Jangan didiamkan! Ratusan warga yang terindikasi masuk NII itu luar biasa sekali, implikasi nya itu bisa kemana-mana. Sementara klarifikasi dari pemerintah daerah itu belum juga di publish," tandasnya. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X