Kemensetneg Unggah Julukan Presiden RI, Rocky Gerung sebut Jokowi Lebih Banyak

- Minggu, 17 April 2022 | 18:02 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

HARIAN HALUAN - Pengamat politik, Rocky Gerung menilai unggahan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di akun media sosial resminya malah menjadi 'boomerang'.

Baru-baru ini, akun Kemensetneg menunggah julukan-julukan presiden Indonesia sebelumnya sebagai pengingat kepada rakyat. Dari mulai Ir. Soekarno sebagai Bapak Proklamator, Soeharto Bapak Pembangunan, Habibie Bapak Teknologi, dan lainnya.

Namun, unggahan tersebut menarik perhatian Rocky Gerung untuk menanggapi komentar-komentar netizen yang mengusulkan sejumlah julukan bagi Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pengeroyokan Ade Armando, Rocky Gerung Sebut Jokowi Bersalah

Rocky Gerung memaklumi bila Sekretariat Negara (Setneg) sebagai organisasi mencoba untuk mengolah administrasi negara dan sejarah. Namun menurutnya Setneg juga harus peka pada situasi sosial.

"Kita tahu Setneg itu adalah lembaga yang mengolah administrasi negara, berupaya untuk memperdalam sebetulnya pengetahuan sejarah bangsa ini dengan mengingat-ingat pemimpinnya di masa lalu," tutur Rocky Gerung dikutip Harian Haluan dari Pikiran-Rakyat.com.

"Tapi kalau Setneg sendiri nggak punya radar yang agak peka, itu akibatnya semua kampanye Setneg akan berbalik menyerang dia," sambungnya.

Karena menurut Rocky Gerung, masyarakat cenderung lebih mudah dalam mengingat nama buruk dari seseorang, apa lagi di situasi yang menurutnya juga sedang tidak kondusif.

"Itu yang distudi oleh para antropolog, bahwa dendam itu adalah bagian dari peradaban politik kita. Dan kita ingat setiap kali ada suatu peristiwa, orang akan cari bagian buruk dari peristiwa itu. Sampai orang harus mengucapkan komentar-komentar yang tadi (di facebook) itu tuh," ujar Rocky Gerung sedikit tertawa.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X