Apresiasi Kongres XVI KNPI di Jakarta, Nanda Satria: KNPI Sekarang Hanya Satu

- Senin, 18 April 2022 | 16:42 WIB
Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat, Nanda Satria bersama Ketum DPP terpilih Muhammad Ryano Satrya Panjaitan. (ist)
Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat, Nanda Satria bersama Ketum DPP terpilih Muhammad Ryano Satrya Panjaitan. (ist)

HARIANHALUAN.COM - Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat, Nanda Satria mengapresiasi pelaksanaan Kongres Penyatuan Pemuda atau Kongres XVI Pemuda/KNPI di Jakarta pada 8 hingga 10 April 2022 lalu.

Dalam kongres itu 213 OKP nasional dan 34 pimpinan DPD KNPI tingkat 1 bersepakat bahwa hanya ada satu DPP KNPI yaitu DPP KNPI yang melaksanakan Kongres Penyatuan Pemuda atau Kongres ke XVI Pemuda/KNPI tanggal 08-10 April tahun 2022 di Hotel Sultan Jakarta.

“Dengan demikian sudah jelas dan tegas, KNPI sekarang hanya satu, dan tidak ada lagi klaim dari berbagai pihak yang mengaku-ngaku pengurus KNPI versus lain,” tuturnya di Padang, Senin (18/4).

Baca Juga: Nanda Satria Resmi jadi Ketua KNPI Sumbar 2021-2024, Fokus Usung Persatuan Pemuda

Kongres Penyatuan Pemuda tersebut berjalan dengan lancar dan sudah sesuai dengan AD/ART, PPKNO, dan syarat-syarat sah kongres lainnya. Dihadiri 213 OKP nasional yang sudah diverifikasi secara detail dan 34 pimpinan DPD KNPI tingkat 1. “Akhirnya #SatuKongresSatuKNPI dapat disuarakan oleh seluruh peserta kongres,” tutur Nanda.

Dijelaskannya, dalam rangkaian kongres tiga Ketua Umum DPP KNPI duduk bersama demi penyatuan pemuda yang siap berhimpun kembali dalam satu wadah KNPI. Ketiga ketua umum tersebut yakni, Noer Fajrieansyah, Cupli Risman, dan Dian Assafri.

Dalam sambutannya pada saat pembukaan kongres, ketiga tokoh pemuda tersebut menyatakan bahwa kongres penyatuan ini digagas bersama-sama yang kemudian dibentuklah tim sembilan yang bertanggung jawab menyiapkan teknis pelaksanaan kongres.

Baca Juga: KNPI, OKP dan Mahasiswa Padang Panjang Salurkan Bantuan ke Korban Gempa di Pasaman

Setelah adanya penyatuan ini, semua sepakat untuk berdiri dalam satu payung KNPI. Artinya, dengan selesainya kongres hadirlah harapan baru agar pemuda Indonesia bersatu dan tidak ada lagi perpecahan di tubuh KNPI.

“Kongres Penyatuan Pemuda tetap menjalankan proses demokrasi. Sebelum dilakukan kongres, telah dijalankan proses-proses administrasi antara lain diumumkan pendaftaran peserta kongres, pendaftaran peserta kongres, verifikasi administrasi peserta kongres, penyampaian hasil verifikasi administrasi peserta kongres, perbaikan dokumen persyaratan peserta kongres, verifikasi administrasi perbaikan, penyampaian hasil verifikasi perbaikan administrasi, penetapan peserta, dan pendaftaran bakal calon ketua umum,” lanjut pengusaha muda itu.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X