Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming Bantah Terkait Kasus IUP Tanah Bumbu

- Senin, 18 April 2022 | 17:00 WIB
Mardani H Maming
Mardani H Maming

HARIAN HALUAN - Mardani H. Maming bantah isu terkait kasus dugaan suap izin usaha pertambangan (IUP) batubara di Tanah Bumbu.

Kasus ini sendiri sebelumnya sudah membuat mantan kepala dinas ESDM Kabupaten Tanah Bumbu Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo sebagai terdakwa.

Baca Juga: Mardani H Maming Nyatakan Dengan Tegas Tak Terlibat Kasus Suap Izin Tambang di Tanah Bumbu

Kuasa hukum Mardani, Irfan Idham mengatakan pokok perkara kasus dugaan suap yang menjerat Dwidjono yaitu gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan informasi tersebut berasal dari laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Jika dilihat berdasarkan perkaranya, kasus tersebut murni diduga merupakan perbuatan terdakwa Dwidjono selaku kepala dinas ESDM Tanah Bumbu dan kami tidak setuju juga kalau misalnya atas kasus tersebut ada pemberitaan-pemberitaan yang beredar bahwa ini ada kaitannya dengan klien kami Mardani,” kata Irfan dalam keterangannya seperti dilansir HarianHaluan.com dari Republika.co.id pada Senin 18 April 2022.

Irfan menambahkan, terlebih peralihan IUP batubara dari PT Bangun Karya Pratama Lestari ke PT Prolindo Cipta Nusantara sudah melalui mekanisme dan prosedur karena sudah keluar sertifikat clear and clean-nya.

Baca Juga: Kuasa Hukum Beberkan Penyebab Mardani H Maming Tak Hadir di Persidangan Perkara Suap Izin Tambang

"Jadi, secara prosedur tidak ada masalah dalam peralihan IUP tersebut dan Mardani selaku bupati kala itu memproses setiap permohonan maupun surat dengan catatan sudah sesuai dengan ketentuan serta tidak mungkin izinnya ditandatangani bupati kalau tidak berdasarkan pemeriksaan bawahannya," ujarnya

Irfan pun juga membantah kliennya mangkir tanpa keterangan atas pemanggilan di persidangan karena kliennya selalu melayangkan pemberitahuan secara resmi kepada majelis hakim saat tak menghadiri persidangan.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X