NII Sumbar Ingin Gulingkan Presiden Jokowi hingga Ubah Ideologi Negara Indonesia

- Selasa, 19 April 2022 | 13:10 WIB
ilustrasi terorisme/ foto: shutterstock
ilustrasi terorisme/ foto: shutterstock

HARIAN HALUAN- Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebutkan Negara Islam Indonesia (NII) berniat menggulingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mengubah ideologi serta sistem pemerintahan di Indonesia.

"Secara garis besar potensi ancaman teror dari jaringan NII Sumatra Barat adalah sebagai berikut: Memiliki keinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi Syariat Islam secara kaffah, memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau," kata Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Pol Aswin Siregar yang dikutip dari Liputan6.com, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Jelang Inter Milan vs AC Milan: Nerazzurri Siap Kalahkan Rossoneri dengan Kekuatan Penuh

Lanjutnya, adapun visi misi jaringan NII di Sumatra Barat ditemukan dalam bentuk dokumen tertulis. Selain itu, visi misi tersebut serupa dengan NII Kartosuwiryo.

"NII di Sumbar ini akan menggantikan ideologi Pancasila dan sistem pemerintahan Indonesia dengan syariat Islam, sistem khalifah, dan hukum Islam," jelas Aswin.

"(Mereka) berupaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun pemilu 2024," lanjutnya lagi.

Baca Juga: Kabar Duka Putra Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez Meninggal

Aswin menyampaikan, penegakan hukum terhadap anggota jaringan NII di Provinsi Sumatera Barat dilakukan sebagai salah satu upaya mengungkap struktur dan menekan perkembangan jaringan NII baik di tingkat kewilayahan hingga ke pusat.

Hal ini penting dilakukan mengingat perkembangan jaringan NII sudah tersebar masif di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain di Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Maluku, dan juga Sumatra Barat.

Baca Juga: Kemenhub Imbau Masyarakat Hindari Mudik Pada Tanggal 28-30 April, Ini Penyebabnya

"Terkhusus di Sumatra Barat, para tersangka yang sudah ditangkap memberikan keterangan bahwa struktur NII mereka berada pada tingkatan cabang/kecamatan/ CV (istilah NII) IV/Padang dengan anggota mencapai 1.125 anggota," uja dia.

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X