Ini Ajaran yang Diberikan NII Sumbar kepada Anggotanya

- Selasa, 19 April 2022 | 15:10 WIB
ilustrasi terorisme/ foto: shutterstock
ilustrasi terorisme/ foto: shutterstock

HARIAN HALUAN- Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebutkan Negara Islam Indonesia (NII) berniat menggulingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mengubah ideologi serta sistem pemerintahan di Indonesia.

"Secara garis besar potensi ancaman teror dari jaringan NII Sumatra Barat adalah sebagai berikut: Memiliki keinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi Syariat Islam secara kaffah, memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau," kata Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Pol Aswin Siregar yang dikutip dari Liputan6.com, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Vanessa Khong dan Ayahnya Resmi Ditahan Terkait Kasus Binomo Indra Kenz

Lanjutnya, adapun visi misi jaringan NII di Sumatra Barat ditemukan dalam bentuk dokumen tertulis. Selain itu, visi misi tersebut serupa dengan NII Kartosuwiryo.

"NII di Sumbar ini akan menggantikan ideologi Pancasila dan sistem pemerintahan Indonesia dengan syariat Islam, sistem khalifah, dan hukum Islam," jelas Aswin.

"(Mereka) berupaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun pemilu 2024," lanjutnya lagi.

Baca Juga: Berikut Potensi Ancaman Teror dari NII Sumbar, Ingin Lengserkan Jokowi dan Ganti Ideologi Negara
Aswin juga membeberkan tahap perekrutan anggota dan materi yang diberikan kepada anggota.

"Proses perekrutan anggota NII juga digelar secara terstruktur dan sistematis. Untuk bergabung menjadi ‘warga’ NII, seseorang harus melalui 4 (empat) tahap perekrutan yang disebut ‘pencorakan’, yaitu P1 (Pencorakan 1), P2, PL/P3, dan P4," tuturnya.

Baca Juga: Begini Cara NII Sumbar Rekrutmen Anggotanya, Terdiri Beberapa Tahap dan Rekrut Anak di Bawah Umur
Pada keempat tahap tersebut secara berjenjang tiap calon ‘warga’ akan diberi materi dan nilai-nilai terkait menghafal Sapta Subaya, pemahaman syari’at Islam dan ibadahnya, sejarah perjuangan umat Islam, ma’rifatul insan, siroh nabawi, dan berbagai nilai-nilai ‘keislaman’ versi NII.

"Setiap calon ‘warga’ juga akan melalui tiga tahap bai’at yaitu bai’at jama’ah imammah, bai’at NII/kenegaraan, dan bai’at perjuangan. Terkhusus bagi yang akan diangkat menjadi pengurus/pejabat, ada tambahan yaitu bai’at kepengurusan," katanya.

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Bharada E Resmi Dapat Perlindungan dari LPSK

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:41 WIB
X