Dugaan Korupsi Pembangunan Jembatan, Kejari Mentawai Eksekusi Mantan Camat dan Stafnya

- Selasa, 19 April 2022 | 22:24 WIB
Kejari Mentawai Eksekusi Mantan Camat dan Stafnya
Kejari Mentawai Eksekusi Mantan Camat dan Stafnya

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Tim jaksa tindak pidana khusus (pidsus) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Mentawai mengeksekusi dua pelaku tindak pidana korupsi dalam kasus jalan dan jembatan di Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan, Siti Holija Harahap, didampingi Kasi Pidana Khusus Riza Ardiasyah dan Kasi Intelijen Nazif Firdaus, mengatakan, terdapat dua orang yang dieksekusi.

"Dua terpidana yang dieksekusi yaitu atas nama Rahmat Jaya dan Malindas Saleleubaja. Keduanya telah mempunyai kekuatan hukum tetap,dari Makamah Agung (MA) RI, yang isinya menguatkan putusan Pengadilan Tinggi dan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Kelas IA Padang,"katanya, Selasa (19/4).

Disebutkan, kedua terpidana tersebut dijatuhi hukuman masing-masing selama lima tahun, denda Rp200 juta dan subsider empat bulan penjara.

Baca Juga: Bank Nagari Buka Puasa Bersama Pengurus PWI Sumbar dan Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis

"Untuk terpidana Rahmat Jaya, diwajibkan untuk membayar uang pengganti sebesar Rp119.618.115,34, subsider dua tahun. Sedangkan terpidana Malindas Saleleubaja membayar uang pengganti sebesar Rp169.618.115 subsider dua tahun,"tambahannya.

Disebutkannya, perbedaan uang pengganti dari masing-masing terpidana yaitu kedua menikmatinya berbeda-beda.

"Eksekusi terhadap kedua terpidana tersebut, baru sebatas pelaksanaan pidana badan. Dimana dimasukkan ke dalam rumah tahanan (rutan) kelas II B Padang,"ujarnya.

Dijelaskannya, sebelum masuk ke rutan, kedua terpidana melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan covid-19. Tak hanya itu, kedua terpidana didampingi oleh kuasa hukum.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB

Padang Panjang Boyong Tiga Penghargaan dari KPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:10 WIB
X