Bendahara PBNU Mardani H Maming Bantang Terlibat Korupsi, Siap Penuhi Panggilan sebagai Saksi

- Rabu, 20 April 2022 | 11:49 WIB
Mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming
Mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming

HARIAN HALUAN - Mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming siap hadir memenuhi panggilan sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi peralihan Izin Usaha Pertambangan (IUP) tambang di wilayahnya, Kalimantan Selatan.

Mardani H Maming yang kini menjabat Bendahara PBNU itu hadir secara daring alias online, dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin, 18 April 2022 malam.

Mardani H Maming menjadi saksi atas terdakwa mantan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Tanah Bumbu, Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo. Ia dihadirkan secara daring bersama dua saksi lainnya.

Baca Juga: Pembina AMSINDO Mardani H. Maming Diserang Buzzer, Ini Kata Ketum AMSINDO

Namun dalam persidangan itu, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Banjarmasin meminta Mardani H Maming dihadirkan secara offline alias hadir langsung di ruang sidang. Kuasa hukum Mardani H Maming mengungkap alasan kliennya tidak bisa hadir secara langsung di muka persidangan.

"Sebenarnya bapak Mardani telah kooperatif memenuhi panggilan sebagai saksi namun majelis hakim tetap meminta kehadiran beliau secara offline," ujar kuasa hukum Mardani, Irfan Idham, seperti dikutip Harian Haluan dari Galamedia.

Irfan menyatakan, Mardani H Maming berhalangan hadir langsung di muka persidangan. Pasalnya ia sedang berada di Singapura untuk menghadiri undangan kegiatan Hipmi. Hadirnya Mardani memberikan kesaksian secara daring, kata Irfan, juga sudah dikordinasikan dengan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Kami sudah berkordinasi dan telah mendapat persetujuan untuk hadir secara online, sehingga kami telah memenuhi kewajiban hukum kami. Apalagi hak ini juga dimungkinkan dalam ketentuan," tuturnya.

"Bahkan setahu kami, pada sidang minggu lalu majelis hakim juga memperbolehkan bapak Mardani unttuk hadir secara online, sehingga hadir secara online adalah opsi yang kami pilih mengingat kesibukan beliau," papar Irfan memberikan penjelasan.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB

LaNyalla Minta Pemerintah Serius Berantas Pungli

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:22 WIB
X