Usai Pengesahan UU TPKS, PRP-BRIN Harapkan Puan Maharani Segera Tuntaskan Legislasi Berspektif Gender

- Rabu, 20 April 2022 | 13:44 WIB
Puan Maharani, Ketua DPR RI
Puan Maharani, Ketua DPR RI

HARIAN HALUAN - Harapan dan tuntutan kepada Ketua DPR Puan Maharani untuk menuntaskan sejumlah program legislasi berperspektif gender semakin besar setelah keberhasilan menggolkan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Diantaranya RUU Perlindungan Pembantu Rumah Tangga dan RUU tentang Keadilan dan Kesetaraan Gender.

Hal ini disampaikan oleh Aisah Putri Budiatri, dari Pusat Riset Politik - Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) saat diskusi di Pusat Kajian Strategis Hang Lekir Selasa 19 April 2022 kemarin.

“Saya harap dengan konteks UU TPKS keluar kemudian DPR dipimpin perempuan dan Kementerian KPPA aktif dan bersinergi dengan elemen masyarakat sipil ini momentum untuk juga menyegerakan kebijakan baru yang berperspektif gender,” katanya

Baca Juga: Berbicara Kepemimpinan Puan Maharani di DPR, Ini Kata Tokoh Perempuan Muda Muhammadiyah

Menurutnya, UU TPKS ini sendiri merupakan kerja kolektif antara Pemerintah, DPR dan Kelompok masyarakat sipil serta keterlibatan aktivis dan lembaga pemerhati perempuan punya peran besar dalam menyusun Undang Undang ini. 

“Ini momentum baik bahwa DPR, pemerintah bisa sinergis dengan masyarakat sipil untuk hal yang baik, untuk publik dan saat ini adalah era kebangkitan perempuan," ujar Aisah.

Ia menjelaskan bahwa dirinya telah melakukan penelitian tentang kiprah aktivis perempuan pada Pemilu 2004 dan bercerita, pada periode 2004-2009 menghasilkan banyak aktivis perempuan yang kemudian menggandeng kelompok masyarakat sipil untuk political will mereka. 

Baca Juga: UU TPKS Telah Disahkan, Puan Maharani: Mungkin Belum Sempurna, Tapi Mari Kita Kawal UU Ini

"Meski dalam legislatif porsi anggota perempuan relatif kecil, tapi mereka mengumpulkan kekuatan yang lain, dimana saat itu aktivis perempuan menggandeng masyarakat sipil, kelompok perempuan serta gagasan gimana isu yang penting dan apa yang harus dilakukan sehingga mereka benar benar punya niat politik, political will," kata Aisah.

Sementara itu, Maria Hamid, co-founder Pusat Kajian Strategis Hang Lekir menambahkan bahwa kini sambutan publik terhadap disahkannya UU TPKS sangat meriah dan pemerintah maupun legislatif jangan kehilangan momen serta saatnya bekerja cepat mengeluarkan kebijakan yang strategis. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

5 Tanda Alam Akan Terjadinya Erupsi Gunung Api

Senin, 5 Desember 2022 | 19:45 WIB
X