Terkait Jaringan NII, Wagub Audy Sebut yang Ditangkap Rata-rata Bukan Orang Sumbar

- Kamis, 21 April 2022 | 22:58 WIB
Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat melakukan safari Ramadhan di Solok Selatan
Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat melakukan safari Ramadhan di Solok Selatan

HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy menyebut bahwa rata-rata dugaan anggota jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri berasal dari luar provinsi itu.

"NII itu kan sejarahnya dari Jawa Barat. Kartosuwiryo kan tidak ada sejarah di sini (Sumbar)," kata Wagub Sumbar Audy Joinaldy. ketika ditanya terkait keberadaan NII di Sumbar saat kunjungan tim Safari Ramadhan di kabupaten Solok Selatan, Kamis (21/4/2022).

Audy Joinaldy mengatakan jika terduga anggota jaringan NII yang ditangkap Densus Antiteror Polri di Sumbar ada sebanyak 16 orang.

Baca Juga: Telat Tanggapi Isu Ribuan Anggota NII di Sumbar, Komunikasi Politik Pemprov Dinilai Buruk

"Yang ditangkap itu sebenarnya kan hanya 16 orang dan mereka (yang ditangkap) itu ngomong. Tapi rata-rata itu bukan orang dari Sumbar, orang luar," sebut Audy.

Sebelumnya, Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade tidak percaya dengan informasi adanya kelompok NII di Sumbar yang disebut berencana melengserkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum Pemilu 2024. Andre menegaskan warga Sumbar cinta NKRI.

"Kami warga Minangkabau cinta NKRI. Orang Minang pejuang kemerdekaan. Tidak mungkin menggulingkan pemerintahan yang sah," kata Andre dalam keterangannya kepada wartawan.

Baca Juga: Isu NII Sumbar bakal Gulingkan Jokowi, Andre Rosiade: Orang Minang Cinta NKRI

Diketahui, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 16 orang terduga teroris jaringan NII di wilayah Sumbar.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X