KKP Dorong Keberlanjutan Kerja Sama Bilateral Indonesia-Jepang di Sektor Kelautan dan Perikanan

- Jumat, 22 April 2022 | 11:07 WIB
KKP jalin kerja sama bilateral dengan Jepang
KKP jalin kerja sama bilateral dengan Jepang

HARIAN HALUAN - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang terus berlanjut guna mendukung berbagai program prioritas. Salah satu kegiatan pembangunan pelabuhan perikanan sebagai garda terdepan implementasi kebijakan penangkapan ikan terukur.

Hal ini diungkapkan Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ridwan Mulyana saat mendampingi kunjungan kerja Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji bersama Direktur Kepelabuhanan Perikanan dan Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman, di Jakarta (20/4/2022).

Mewakili Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Ridwan menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam mendukung pembangunan pelabuhan perikanan di Indonesia melalui skema pembiayaan soft loan, khususnya di PPS Nizam Zachman Jakarta yang terakhir direhabilitasi pada tahun 2012.

Baca Juga: Tangkap Peluang Harga Tinggi, KKP Bangun Kampung Perikanan Budidaya Rumput Laut di Takalar

“Seiring dengan perjalanannya, kini permasalahan baru dihadapi oleh PPS Nizam Zachman Jakarta seperti penurunan permukaan tanah 10-12 cm per tahun, banjir rob serta terbatasnya daya tampung kolam pelabuhan dan dermaga untuk bongkar maupun tambat labuh. Di mana pada saat-saat tertentu seperti hari raya mencapai 800 unit kapal yang berlabuh,” ungkapnya.

“Semoga kerja sama yang terjalin erat ini dapat terus berlanjut untuk dapat menata kembali kawasan PPS Nizam Zachman Jakarta sebagai pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia dan menjadi pusat kegiatan ekonomi di bidang perikanan tangkap dan menjadi pusat industri perikanan berorientasi ekspor dan domestik yang berwawasan lingkungan,” jelas Ridwan.

Jumlah industri perikanan yang ada di PPS Nizam Zachman Jakarta kurang lebih sebanyak 114 perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan perikanan dan 70 di antaranya adalah cold storage.

Pada kesempatan yang sama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengatakan kesiapannya untuk mendukung kegiatan prioritas KKP salah satunya pembangunan pelabuhan perikanan yang lebih baik sebagai pusat pendaratan ikan.

Baca Juga: Maksimalkan Layanan Bulan Mutu Karantina, KKP Lepas Ekspor Kerapu Hidup ke Hongkong

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X