Peringati Hari Bumi, Walhi Sumbar Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik

- Jumat, 22 April 2022 | 14:41 WIB
Kumpulan ucapan selamat Hari Bumi 2022 (Freepik)
Kumpulan ucapan selamat Hari Bumi 2022 (Freepik)

HARIAN HALUAN - Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sumatera Barat (Sumbar) peringati Hari Bumi dengan menggelar diskusi tentang pengelolaan sampah organik dan pemakaian komposter di sekretariat WALHI Sumbar, Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Kamis 21 April 2022.

Kepala Departemen (Kadep) Kajian Advokasi dan Kampanye WALHI Sumbar Tommy Adam mengatakan diskusi tersebut merupakan bagian kampanye Mewujudkan Kota Padang Zero Waste City sebagai Arti Pulihkan Bumi tersebut sekaligus menyambut Hari Bumi yang jatuh pada 22 April.

"Melalui kegiatan ini, kita bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk memulai memilah sampah organik sejak di rumah tangga," ucap Tommy menyerahkan 25 komposter kepada anggota PKK Kelurahan Lolong Belanti.

Baca Juga: Peringati Hari Bumi, Puan Maharani: Butuh Komitmen Bersama Dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Menurutnya, penumpukan sampah di Kota Padang dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak efisien, antara lain sampah organik dan anorganik yang tidak dipisahkan.

"Sampah organik seperti dedaunan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan sisa bahan-bahan rumah tangga lainnya dapat diuraikan menjadi pupuk kompos, sehingga bisa dimanfaatkan dan tidak harus berakhir di tempat pembuangan akhir," ujarnya.

Ia menambahkan kebanyakan sampah di Kota Padang belum terpilah, masih tercampur antara sampah organik dengan plastik dan sampah anorganik lainnya, sehingga sampah lebih cepat menumpuk.

Baca Juga: Merusak Lingkungan dan Melanggar Hukum, WALHI Minta Izin PKKNK Koperasi Minyak Atsiri Mentawai Dievaluasi

Sementara itu, dikatakannya sampah anorganik terurai lebih lama dan langkah untuk mengurangi penumpukan sampah menurutnya juga mencakup daur ulang terhadap sampah anorganik.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X