Ekspor CPO dan Minyak Goreng Dilarang, Ekonom: Mengulang Kesalahan dari Batu Bara

- Sabtu, 23 April 2022 | 10:10 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi


HARIAN HALUAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melarang ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan minyak goreng mulai 28 April 2022 hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Hal ini dilakukan akibat adanya mafia migor yang begitu meresahkan masyarakat.

"Hari ini saya telah memimpin rapat tentang pemenuhan kebutuhan pokok rakyat utamanya yang berkaitan dengan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri. Dalam rapat tersebut telah saya putuskan pemerintah melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng," kata Jokowi dalam keterangan resminya, Jumat (22/4/2022).

Presiden berjanji akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan tersebut hingga ketersediaan minyak goreng melimpah dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Jokowi Jelaskan Alasan Pemerintah Resmi Larang Ekspor CPO dan Minyak Goreng

Menanggapi hal itu, Ekonom Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, menilai kebijakan menyetop ekspor CPO secara mendadak sama saja pemerintah mengulang kesalahan pada kebijakan stop ekspor batubara pada Januari 2022 lalu.

Menurut Bhima, jika tujuan pemerintah hanya untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri maka tidak perlu stop ekspor CPO.

"Ini mengulang kesalahan stop ekspor mendadak komoditas batubara Januari 2022 lalu. Apakah masalah selesai? kan tidak justru diprotes oleh calon pembeli di luar negeri. Cara-cara seperti itu harus dihentikan," kata Bhima seperti dikutip Harian Haluan di Sariagri.

Bhima juga mengungkapkan, seharusnya dengan mengembalikan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) CPO 20 persen dari ekspor saja sudah dapat memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri lebih dari cukup. Hanya saja, menurutnya yang perlu diperbaiki adalah pengawasan yang ketat terhadap kepatuhan produsen.

Baca Juga: Puan Maharani Dukung Kejagung Usut Oknum Kasus Kelangkaan Minyak Goreng

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:22 WIB

Delapan Tips Beli Kandang Peliharaan Agar Tetap Sehat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:42 WIB
X