Mudahkan Pelaku Usaha, Kinerja Layanan KKP Diapresiasi

- Sabtu, 23 April 2022 | 12:22 WIB
Pelaku usaha perikanan
Pelaku usaha perikanan


HARIAN HALUAN - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus memperbaiki kualitas layanan guna memudahkan para pelaku usaha memperluas akses pasar, baik domestik maupun global. Mulai dari pendampingan hingga penerbitan sertifikat yang diperlukan, tak luput dari perbaikan agar semakin prima.

"Selama ini kami sangat menikmati kemudahan layanan dari KKP dan tidak ribet," kata Yennena Ester, pengusaha benur udang vaname asal Situbondo usai bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam penyerahan berkas perpanjangan sertifikat cara karantina ikan yang baik (CKIB) di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Kamis, (21/4/2022).

Yennena mengaku para petugas Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) sangat interaktif dan friendly. Dia pun mendapatkan informasi yang jelas dalam setiap konsultasi dengan petugas BKIPM.

Baca Juga: KKP Gandeng Angkasa Pura II Berikan Edukasi Karantina Ikan Lewat Neptune TV

"Konsultasinya mudah dan informasi yang disampaikan sangat jelas. Kami jadi sangat terbantu," ujarnya.

Hal yang sama diucapkan Kadek Toni Adi Setiawan, pelaku usaha asal Lamongan, Jawa Timur. Sebagai unit pengolah ikan (UPI) yang memproduksi produk daging kepiting-rajungan beku, ikan hingga udang beku, dia memiliki buyer di berbagai negara, dia merasa terbantu dengan kesigapan petugas BKIPM.

"Banyak sekali dibantu, termasuk diedukasi regulasi ekspor ke negara yang akan kita tuju," ucap Toni.

Sementara Plt. Kepala BKIPM, Hari Maryadi mengaku senang dengan apresiasi para pelaku usaha. Dia pun menginstruksikan jajarannya agar terus menjaga kepercayaan tersebut guna meningkatkan ekspor produk Indonesia. Dengan begitu, dia optimistis akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat serta pendapatan negara.

"Terimakasih atas kepercayaan masyarakat terhadap kami, tentu ini jadi pelecut semangat untuk terus berbuat yang terbaik," kata Hari.

Sebagai pengawal quality assurance, Hari memastikan BKIPM akan terus menjaga kualitas dan mutu produk perikanan Indonesia. Selain menjamin keamanan pangan, peran quality assurance juga untuk meminimalisir penolakan ekspor dari negara tujuan.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:22 WIB

Delapan Tips Beli Kandang Peliharaan Agar Tetap Sehat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:42 WIB
X