Ungkap Kecurangan Seleksi CPNS 2021, 359 Peserta Didiskualifikasi

- Senin, 25 April 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

HARIAN HALUAN - Bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus dugaan kecurangan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Kasus ini terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi hingga Sumatera.

"Terjadi mulai dari wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Lampung, hingga Sulawesi Selatan," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Gatot Repli Handoko kepada wartawan, Senin (25/4/2022).

Gatot menyebut, sebanyak 359 peserta CPNS langsung didiskualifikasi karena terbukti curang dalam proses seleksi tersebut.

Baca Juga: Sekreteris BPSDMI Kemenperin Bekali CPNS dan PNS Baru di Politeknik ATI Padang

Sementara itu, penyidik kembali menemukan 81 peserta CPNS yang turut melakukan aksi curang namun belum didiskualifikasi.

"Ada 359 peserta didiskualifikasi sesuai surat BKN dan 81 orang lainnya yang baru ditemukan dan belum didiskualifikasi," sambungnya.

Lebih lanjut, kasus curang dalam seleksi CPNS ini dilakukan menggunakan beberapa aplikasi untuk meloloskan CPNS. Selain itu, para peserta dibantu oleh sejumlah tersangka baik dari sipil mapun Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melakukan kecurangan.

Baca Juga: 38 Persen PNS dari Total 4 Juta Orang Lebih Bakal Digantikan Teknologi

"Terkait kasus ini, kami sudah menangkap sebanyak 21 tersangka sipil dan sembilan orang ASN," pungkas Gatot.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X