Gagalkan Penyelundupan Satwa Dilindungi, BKSDA Sumbar Selamatkan 3 Burung Beo Mentawai

- Selasa, 26 April 2022 | 22:32 WIB
Burung Beo Mentawai ((Gracula religiosa batuensis)
Burung Beo Mentawai ((Gracula religiosa batuensis)

HARIAN HALUAN - Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar berhasil mengamankan 3 ekor burung beo mentawai (Gracula Religiosa Batuensis) di kapal ambu-ambu pelabuhan Bungus Padang, Minggu 24 April 2022.

Kepala BKSDA Sumbar Ardhi Andono mengatakan pihaknya mendapat laporan dari petugas Balai Taman Nasional Siberut terkait adanya penyelundupan burung beo melalui kapal penumpang oleh oknum yang memanfaatkan momen mudik lebaran. 

"Dari Informasi tersebut petugas WRU BKSDA Sumbar bergerak menuju pelabuhan Angkutan Sungai Dan Penyeberangan (ASDP) Bungus pada dini hari Minggu 24 April 2022," kata Ardi Andono melalui siaran pers, Selasa 26 April 2022.

Baca Juga: Terkait 3 Kasus Perdagangan Satwa Dilindungi, Ini Alasan Satwanya Dilindungi Kata Kepala BKSDA Sumbar

Ia menjelaskan bahwa sesampai di lokasi, petugas melakukan penyergapan di Kapal Ambu dan mendapatkan 3 ekor burung beo mentawai yang ditinggalkan oleh pelaku yang telah melarikan diri.

"Sebelumnya, pada Sabtu (23/4/2022) petugas BTN Siberut berhasil menggagalkan penyelundupan 5 ekor burung beo mentawai di pelabuhan Simailepet yang hendak dibawa ke Padang melalui Kapal Mentawai Fast," ujarnya.

Menurutnya, burung-burung tersebut berhasil diamankan sebelum kapal berangkat ke Padang, sehingga langsung di lepasliarkan. 

Baca Juga: BKSDA Sumbar Selamatkan Ratusan Satwa Dilindungi Sejak Awal Tahun, Ini Rinciannya

"Diketahui, Burung Beo Mentawai termasuk jenis satwa yang dilindungi bedasarkan Permen LHK No. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 karena sudah terancam punah," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Berprestasi, Wako Hendri Septa Umrahkan 44 ASN Padang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 22:15 WIB
X