Aktivitas Anak Krakatau Meningkat, Rute Penerbangan Tidak Terdampak Status Siaga

- Kamis, 28 April 2022 | 15:40 WIB
Anak Krakatau
Anak Krakatau

HARIAN HALUAN - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto memastikan tidak ada rute penerbangan pesawat yang terdampak oleh aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Hingga saat ini rute penerbangan udara diketahui masih beroperasi secara normal

"Saat ini, berdasarkan hasil pemantauan, tidak ada rute penerbangan dan bandara yang terdampak oleh erupsi Gunung Anak Krakatau, semua masih beroperasi secara normal,” ungkap Novie pada Rabu (27/4/2022).

Meski begitu, Novie menyebut pihaknya terus melakukan pemantauan dan berkoodinasi dengan BMKG, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia.

Baca Juga: Aktivitas Anak Krakatau Meningkat, Pemudik yang Melalui Penyebrangan Merak-Bakauheni Diminta Hati-hati

Sementara itu, Ditjen Perhubungan Udara juga telah memiliki sistem Integrated Webbased Aeronautical Information System Handling atau I-Wish.

Alat ini, jelas Novie, merupakan media koordinasi dengan stakeholder dalam mendeteksi adanya dampak erupsi terhadap operasional penerbangan.

"Sistem ini merupakan sarana koordinasi bersama dalam pengambilan keputusan terkait dengan operasional penerbangan atau Collaborative Decision Making antar stakeholders, antara lain dalam hal adanya penutupan (tidak beroperasinya) suatu bandara karena sebaran abu vulkanik akibat erupsi gunung," terangnya.

Baca Juga: BMKG Minta Masyarakat Waspadai Potensi Tsunami Karena Erupsi Gunung Anak Krakatau

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X