BRIN Siap Luncurkan Satelit, Target Meluncur ke Angkasa Pada Tahun 2025

- Jumat, 29 April 2022 | 13:00 WIB
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko/brin.go.id
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko/brin.go.id

Jakarta, HarianHaluan.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah mengembangkan 19 satelit komunikasi dan pengamatan bumi Indonesia. Salah satunya ditargetkan meluncur ke angkasa pada 2025.

Hal ini diungkap oleh Pelaksana tugas Kepala Pusat Riset Penginderaan Jauh BRIN Rahmat Arief, dalam Webinar Kolaborasi Penguatan Ekosistem Industri Satelit Indonesia, beberapa waktu lalu, menuturkan 19 satelit itu akan diluncurkan bertahap.

Satelit-satelit itu terdiri dari impat satelit resolusi tinggi, dua satelit resolusi sangat tinggi, dua satelit radar atau Synthetic Aperture Radar (SAR), 10 satelit untuk satelit konstelasi dengan misi komunikasi yang menggunakan orbit bumi rendah atau Low Earth Orbit (LEO), dan satu satelit geostasioner atau Geostationary Earth Orbit(GEO).

“Ke depan, tahun 2025 BRIN merencanakan untuk meluncurkan satelit resolusi sangat tinggi dan Synthetic Aperture Radar (SAR) di tahun berikutnya satelit resolusi tinggi,” kata Rahmat.

Baca Juga: Prediksi Kemunculan Hilal 1 Mei 2022, BRIN Ungkap Potensi Idul Fitri Seragam di Indonesia

Sementara itu, lanjutnya, penggunaan data satelit radar atau SAR di Indonesia disebut cukup tinggi. Satelit SAR dapat memantau pemrukaan bumi menembus awan, seperti yang sering dilakukan dalam pemantauan permukaan bumi menggunakan data satelit optik.

Dengan kata lain, satelit radar bisa melakukan pemantauan permukaan tanpa gangguan cuaca dan dapat dimanfaatkan dalam kondisi siang dan malam.

Diketahui, semakin tinggi resolusi kamera satelitnya, semakin detil pula citra muka bumi yang bisa ditangkap oleh satelit.

Dikutip dari situs BRIN, Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA) BRIN Robertus Heru Triharjanto menargetkan pihaknya akan memiliki satelit operasional penginderaan jauh resolusi sangat tinggi, meski tak merinci target waktunya.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: BRIN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022, Messi Rupanya Tak Punya Teman Sekamar

Minggu, 27 November 2022 | 23:00 WIB

95 Persen BLT Sudah Disalurkan untuk KPM di Pariaman

Minggu, 27 November 2022 | 20:30 WIB

Jokowi Tinjau Langsung Episentrum Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 20:00 WIB
X