Asosiasi Pedagang Pasar Dukung Kebijakan Larangan Ekspor CPO dan Minyak Goreng

- Jumat, 29 April 2022 | 15:16 WIB
Minyak Goreng (Ghina Atika)
Minyak Goreng (Ghina Atika)

 

HARIAN HALUAN- Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sudaryono mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pelarangan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan minyak goreng.

Menurutnya, sudah saatnya industri kelapa sawit melakukan evaluasi secara keseluruhan dalam mencukupi kebutuhan dalam negeri dan jangan mengutamakan ekspor ke luar negeri.

"Kami mengapresiasi atas kebijakan progresif Presiden Jokowi atas pelarangan ekspor tersebut. Kami sangat sependapat dengan Presiden bahwa kebutuhan pokok masyarakat adalah hal yang utama dan penting," kata Sudaryono lewat keterangannya di Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat 29 April 2022.

Baca Juga: Hasan Basri Minta Pemerintah Memaksimalkan Kuota Jamaah Haji Untuk Kalimantan Utara

Sudaryono menilai, ironis apabila Indonesia sebagai negara produsen minyak sawit terbesar di dunia justru mengalami kelangkaan minyak goreng.

Tindakan para mafia minyak goreng, kata Sudaryono membuat ketersediaan minyak goreng langka dan masyarakat kesulitan mendapat minyak goreng belakangan ini. Jika pun ada, harganya membumbung tinggi.

Ia menambahkan, jika melihat kapasitas produksi yang dihasilkan industri dalam negeri, maka kebutuhan dalam negeri dapat dengan mudah tercukupi.

Editor: Juni Fitra Yenti

Sumber: Antara

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X