Kementerian Pertanian Laksanakan Kegiatan Pasar Tani Murah untuk Masyarakat Ternate

- Jumat, 29 April 2022 | 15:34 WIB
Ditjen Perkebunan sukses menggelar Pasar Mitra Tani Ramadhan
Ditjen Perkebunan sukses menggelar Pasar Mitra Tani Ramadhan

HARIAN HALUAN - Menindaklanjuti arahan langsung dari Menteri Pertanian, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan sukses menggelar Pasar Mitra Tani Ramadhan di Kampong Ramadhan, Benteng Oranje, Kota Ternate (27/4) sebagai wujud pemerintah dalam membantu menstabilkan harga pangan dan membantu masyarakat akan mulai tingginya harga bahan pokok selama bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran.

Dalam hal ini Kementerian Pertanian bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu keberlangsungan pasar tani ini. Ditjen Perkebunan melalui Direktorat Perbenihan Perkebunan berkolaborasi dengan Balai Karantina Pertanian Ternate, BPTP, Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Utara, Pemprov Maluku Utara, Pemkot Ternate dan jajaran TNI-POLRI Ternate serta vendor bahan pangan untuk bersinergi dan berkontribusi membantu menyediakan bahan pangan pokok untuk dijual lebih murah di pasar mitra tani Ramadhan.

Walikota Ternate, Dr. Tauhid Soleman, M.Si, menyambut baik kegiatan pasar mitra tani Ramadhan ini sebagai bentuk nyata pemerintah dan kementerian dalam membantu menyediakan berbagai kebutuhan bahan pokok terutama minyak goreng.

Baca Juga: Mentan SYL bersama Pemprov DKI Pastikan Ketersediaan Beras di Jabodetabek Aman

"Pada kesempatan ini saya berterimakasih kepada Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Perkebunan yang kebetulan hadir bersama saya pak Direktur Perbenihan Perkebunan beserta panitia yang menitikberatkan pelaksanaan kegiatan pasar mitra tani Ramadhan di Kota Ternate. Kami menyambut baik kegiatan ini karena beberapa waktu lalu terjadi lonjakan harga bahan pokok khususnya di Kota Ternate. Dari kenaikan harga BBM, imbasnya terjadilah efek domino pada bahan pokok lainnya." ucapnya.

Selain itu Walikota Ternate menyampaikan bahwa pemerintah akan menjamin ketersediaan 12 bahan pokok untuk masyarakat Ternate.

"Pemerintah akan jamin ketersediaan 12 bahan pangan pokok yang utama khususnya di Kota Ternate." ujarnya.

Direktur Perbenihan Perkebunan, Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP, menegaskan adanya pasar mitra tani Ramadhan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. "Tujuan utama dari pasar mitra tani Ramadhan ini adalah untuk membantu masyarakat menjangkau kebutuhan bahan pokok utama menjelang hari raya Idul Fitri dengan harga yang relatif lebih murah. Jadi pemerintah juga langsung turun tangan melayani masyarakat supaya terjamin kebutuhannya, terutama minyak goreng."

Beberapa dari bahan pangan pokok tersebut termasuk minyak goreng, gula pasir, beras, telur, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan lain-lainnya. Harga yang dipatok di pasar tani ini relatif lebih murah. Dengan kecenderungan harga minyak goreng dan gula pasir yang fluktuatif, diharapkan dapat menstabilkan harga bahan pokok yang ada di pasaran wilayah Ternate.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X