Dibalik Istilah Halal Bihalal, Inilah Cerita Puan Maharani Tentang Peran Bung Karno dan KH Wahab

- Minggu, 1 Mei 2022 | 17:20 WIB
Potret Puan Maharani bersama ulama Indonesia, Cak Nun gagasan Puan terkait Islam Merah Putih
Potret Puan Maharani bersama ulama Indonesia, Cak Nun gagasan Puan terkait Islam Merah Putih

HARIAN HALUAN - Ketua DPR Puan Maharani ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijrah dan bersyukur momen lebaran tahun ini situasi pandemi Covid-19 sudah melandai sehingga warga bisa pulang ke kampung halaman. 

Ia pun berharap momen Lebaran ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat muslim di tanah air untuk menjalin silaturahim dan halal bihalal antar sesama. 

Halal bihalal sendiri adalah istilah yang muncul setelah pertemuan antara Presiden pertama RI Soekarno dan ulama pendiri Nahdlatul Ulama, KH Abdul Wahab Hasbullah. 

Baca Juga: Peringati Hari Buruh, Puan Maharani Berkomitmen Kawal Keberpihakan Regulasi Pada Buruh

Puan mengisahkan pada 1948 atau tiga tahun pasca merdeka, Indonesia dilanda gejala disintegrasi bangsa, dimana para elite politik saling bertengkar, tidak mau duduk dalam satu forum, sementara pemberontakan terjadi di mana-mana.

"Di pertengahan bulan Ramadhan tahun 1948, Bung Karno pun memanggil KH Wahab Hasbullah ke Istana Negara untuk dimintai pendapat dan sarannya dalam mengatasi situasi politik Indonesia yang tidak sehat," kata Puan.

Kemudian dikatakannya KH Wahab memberi saran kepada Bung Karno untuk menyelenggarakan silaturahim karena akan memasuki lHari Raya Idul Fitri. 

Baca Juga: Puan Maharani Ingatkan Pemerintah Terkait Pemudik, Ini Kata Pengamat Terkait Kondisi Mudik Tahun Ini

"Mendengar saran itu, Bung Karno menyanggah dan menganggap silaturahim memang sudah biasa dilakukan umat Islam tiap lebaran," ujar Puan, Minggu 1 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB
X