Peringati Hari Buruh Sedunia, AJI, IJTI, PFI dan LBH Pers Layangkan 5 Pernyataan Sikap

- Selasa, 3 Mei 2022 | 09:32 WIB
Peringati Hari Buruh Sedunia, AJI, IJTI, PFI dan LBH Pers Layangkan 5 Pernyataan Sikap
Peringati Hari Buruh Sedunia, AJI, IJTI, PFI dan LBH Pers Layangkan 5 Pernyataan Sikap

HARIAN HALUAN - May Day merupakan momentum perayaan Hari Buruh Se-dunia memperingati perjuangan agar diberlakukan sistem kerja selama 8 jam per hari.

Momen ini juga wujud sejarah menolak dominasi pemilik modal dan sistem industri yang tak manusiawi bagi pekerja.

Memperingati May Day di bulan Mei ini, gabungan organisasi wartawan yaitu Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers lakukan pernyataan sikap.

Baca Juga: Peringati Hari Buruh, Puan Maharani Berkomitmen Kawal Keberpihakan Regulasi Pada Buruh

AJI, IJTI, PFI, dan LBH Pers dengan tegas menyuarakan pentingnya penyelesaian beragam persoalan hubungan industrial yang dialami para pekerja media di Indonesia.

Beberapa rangkuman kondisi pekerja media secara nasional saat ini belum sejahtera seperti yang dicita-citakan dalam gerakan May Day tahun 1886. 

Menurut organisasi wartawan ini, pekerja media pada masa pandemi masih dibayang-bayangi dengan upah tidak layak, pemotongan upah hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca Juga: Start di Posisi Ketiga di Mandalika, Berikut Profil Lengkap Mario Aji Pembalap Moto3 Asal Indonesia

"Indikator di sejumlah media nasional dan daerah yang membayar upah pekerjanya tidak sesuai dengan kebutuhan minimum menjadi masalah majemuk dan banyak di antara pekerja media baik jurnalis cetak, televisi maupun online dan foto hanya dibayar separuh dari upah mereka," ujar perwakilan dari AJI, IJTI, PFI, dan LBH Pers.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X