Jumlah Kunjungan Wisata Kota Padang Meningkat, Pendapatan Daerah Naik selama Momen Lebaran

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:07 WIB
Pantai Air Manis.
Pantai Air Manis.

HARIAN HALUAN - Selama libur Lebaran Idul Fitri 1443 H/2022 M, jumlah pengunjung objek wisata di Kota Padang mengalami peningkaan dari hari biasanya. Sehingga, diperkirakan Pendapatan Asli Daerah (PAD)  Kota Padang juga turut mengalami kenaikan signifikan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Padang, Eri Senjaya ketika dihubungi Harian Haluan pada Sabtu, 7 Mei 2022.

"PAD naik, Insha Allah. Saya kira perputaran ekonomi saat Idul Fitri ini cukup kuat karena banyak sektor yang sudah kita siapkan sejak jauh jauh hari," kata Eri.

Baca Juga: Hari Kedua Lebaran, Kepadatan Arus Lalu Lintas Menuju Objek Wisata Bukittinggi Mulai Meningkat

Dari puluhan objek wisata pantai di Kota Padang, ia menyebut Pantai Air Manis sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi selama momen Lebaran. Hal ini turut menyumbang peningkatan PAD Kota Padang.

"Kalau diurutkan, Pantai Air Manis yang paling banyak menerima kunjungan. Ditambah lagi pengelolaannya sudah dijalankan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM), semua aspek mulai dari perencanaan sampai jalan masuk ke sana, terintegrasi," paparnya.

Namun, ia tidak menyebut angka pasti peningkatan jumlah pengunjung tersebut.

Selanjutnya, kawasan wisata pantai lainnya di Kota Padang yang juga mengalami peningkatan kunjungan, yakni kawasan Taplau di Pantai Padang dan Pantai Pasir Jambak.

Menurut Eri, laporan harian Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menunjukkan peningkatan kunjungan ke Pantai Pasir Jambak secara drastis, bahkan hingga 107 persen. Itu berarti Pantai Pasir Jambak selama libur Lebaran bisa meraup 7.000 hingga 8.500 pengunjung, sedangkan pada hari-hari sebelumnya hanya dikunjungi ratusan wisatawan.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB
X