'Seluncuran Petaka' di Kenjeran Park Surabaya Ambrol, 16 Orang Jadi Korban

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 20:35 WIB
Seluncuran pembawa petaka di Surabaya
Seluncuran pembawa petaka di Surabaya

HARIAN HALUAN - Sebuah 'seluncuran petaka' di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya yang memiliki ketinggian 10 meter dilaporkan ambrol pada Sabtu (7/5/2022) dan memakan 16 orang korban. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya menerangkan bahwa sambungan seluncuran air di kolam renang Kenjeran Park secara tiba-tiba ambrol dan jatuh ke bawah sekira pukul 13.30 WIB.

Saat seluncuran ambrol, banyak pengunjung yang bermain di wahana itu ikut berjatuhan dari ketinggian hampir 10 meter. Atas insiden ini, 16 orang mengalami cedera dan harus mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Dugaan sementara penyebab ambrolnya sambungan seluncuran di Kenjeran Park dikarenakan wahana itu sudah lapuk. Kendati demikian, pihak pengelola Kenjeran Park mengklaim bahwa wahana yang disediakan di objek wisata itu rutin dilakukan perawatan.

Baca Juga: Tragedi Bus Pengangkut Puluhan Perantau Kecelakaan, 2 Anak Tewas

Bahkan, Kepala HRD Waterpark Kenjeran, Bambang Irianto mengatakan bahwa wahana tersebut sebenarnya masih layak digunakan. Ia menduga penyebab seluncuran di Kenjeran Park ambrol adalah karena kelebihan muatan.

Hal itu mengingat, pada hari normal, Kenjeran Park hanya dikunjungi 300 hingga 400 orang, namun saat libur Lebaran 2022, pengunjung bertambah hingga lebih dari dua kali lipat.

Sehingga, dia menduga ambrolnya seluncuran itu lantaran kelebihan muatan, terlebih seluncuran hanya memiliki kapasitas 5-10 orang tetapi saat kejadian wahana itu dinaiki lebih dari kapasitas tersebut.

"Harusnya 5-10 orang di bawah nunggu, 5-10 meluncur, baru 5-10 di bawah naik lagi. Namun tidak tahu tadi bagaimana, error mungkin, sehingga terjadi seperti itu," ujarnya dikutip Harian Haluan dari Pikiran-Rakyat.com.

Baca Juga: Begini Kondisi Terkini Personel Grup Musik Debu Usai Kecelakaan Maut di Tol Probolinggo

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X