Megawati Terima Kunjungan Prabowo dan Puan Maharani, Pengamat: Ini Bisa Jadi Embrio Pilpres 2024

- Minggu, 8 Mei 2022 | 11:29 WIB
Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing
Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing

HARIAN HALUAN - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan silaturahmi dari Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin 2 Mei 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati didampingi Prananda Prabowo dan Puan Maharani, sedangkan Prabowo didampingi Didit Hediprasetyo dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai silaturahmi itu sebagai pertemuan informal. 

Baca Juga: Sambut Lebaran Idul Fitri, Puan Maharani Bagikan Resep Rendang Ayam ala Megawati

Dalam pertemuan informal, segala hal bisa diperbincangkan sepanjang berkesesuaian dengan kepentingan para pihak dan berbeda dengan pertemuan formal yang lebih kaku karena ada koridor protokoler.

"Saya melihat ini pertemuan informal, biasanya pertemuan informal itu lebih dekat secara psikologis, sosiologis, dan antropologis," ujar Emrus di Jakarta.

Menurutnya, hal itu juga menjadi bukti adanya kedekatan antara PDIP dan Partai Gerindra, dimana pertemuan informal tersebut mensyaratkan adanya kedekatan psikologis. Pertemuan itu juga bisa menjadi embrio kerja sama politik dalam menghadapi Pilpres 2024.

Baca Juga: Dibalik Istilah Halal Bihalal, Inilah Cerita Puan Maharani Tentang Peran Bung Karno dan KH Wahab

"Ini akan produktif dalam komunikasi politik ke depan dalam rangka pemasangan capres-cawapres dan itu akan berpengaruh terhadap skema 2024 jika keduanya berkoalisi untuk mengajukan pasangan calon Prabowo-Puan pada Pilpres 2024 sehingga akan sangat produktif, apalagi jika ditambah dengan koalisi partai lain seperti Golkar, Nasdem, PKB, dan PPP," katanya. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X