Peringati Hari Palang Merah Internasional, dr. Firman Berbagi Pengalaman Terkait Kesehatan di Daerah Konflik

- Senin, 9 Mei 2022 | 10:42 WIB
dr. Firman Abdullah, Ketua Satuan Pengawasan Internal di RS Ahmad Mochtar.
dr. Firman Abdullah, Ketua Satuan Pengawasan Internal di RS Ahmad Mochtar.

HARIAN HALUAN - Peringati Hari Palang Merah Internasional, Ketua Satuan Pengawasan Internal di RS Ahmad Mochtar Bukittinggi dr. Firman Abdullah berbagi cerita tentang pelajaran atau pengalaman berharga selama bertugas di daerah konflik.

Salah satunya, ia bercerita pernah hampir ditembak dan menjadi sasaran bidikan senjata gerilyawan pro kemerdekaan di Timor Timur atau Timor Leste sekarang hingga 3 kali.

Ia bertuga ketika Timor Leste secara de jure masih merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan konflik antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan kelompok pro kemerdekaan mewarnai tanah Timor Timur dengan darah.

Baca Juga: Dipanggil Kemenkes, Dokter Vera Tinggalkan Kursi Direktur RSUD Bukittinggi

Pada saat itulah, Firman Adullah, nama dokter asal Sumbar tersebut menjalankan tugasnya di daerah konflik, bahkan tergolong zona merah.

Percakapannya dengan sang gerilyawan itu masih ia ingat. Pasalnya, sang gerilyawan mengaku batal menembaki timah panas kepadanya karena ia adalah dokter yang telah mengobati ibu sang gerilyawan.

Puluhan tahun setelah bertugas di Timr Leste, dr. Firman Abdullah telah meraih berbagai tanggung jawab penting sebagai dokter, antara lain Ketua Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumbar tahun 2012 – 2018 hingga Ketua satuan pengawasan internal di RS Ahmad Mochtar Bukittinggi.

Baca Juga: 9 Manfaat Machine Learning di Bidang Kesehatan

Tepat pada Hari Palang Merah Internasional yang jatuh pada Minggu 8 Mei 2022, HarianHaluan.com berkesempatan wawancara dengan dr. Firman Abdullah dan 2 tahun masa pengabdiannya di Timor Leste hingga kini sebagai dokter, dr. Firman telah mempelajari banyak hal, terutama soal kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X