Bertambah, 5 Pasien Anak di Indonesia Meninggal Dunia Diduga Akibat Hepatitis Akut

- Selasa, 10 Mei 2022 | 12:18 WIB
Ilustrasi anak terkena hepatitis misterius
Ilustrasi anak terkena hepatitis misterius

HARIAN HALUAN - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut 5 dari 15 pasien anak dinyatakan meninggal dunia diduga akibat hepatitis akut.

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, dari 5 kasus kematian, 4 di antaranya masih masuk kriteria pending klasifikasi, yakni belum diketahui pasti penyebab kematian.

"Ada empat kasus pending hepatitis akut. Belum bisa dikonfirmasi karena masih perlu beberapa tes," terang Nadia, Selasa 10 Mei 2022.

Baca Juga: Tips Cegah Penularan Hepatitis pada Anak dan Lansia yang Wajib Diketahui

Siti menyebut, 4 kasus yang masih pending terdiri dari 3 pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dan 1 anak lagi di Tulungagung.

Diketahui,  3 dari 5 pasien anak yang meninggal tersebut telah mendapat vaksinasi.

Di antaranya pasien berusia 2 tahun memperoleh vaksinasi hapatitis, pasien usia 8 tahun mendapat vaksinasi Covid-19 satu kali dan vaksinasi hepatitis, dan pasien 11 tahun mendapat vaksinasi Covid-19 beserta hepatitis.

“Sampai saat ini ketiga kasus ini belum bisa kita golongkan sebagai penyakit hepatitis akut dengan gejala berat tadi, tetapi masuk pada kriteria pending klasifikasi karena masih ada pemeriksaan laboratorium," ungkap Siti.

Baca Juga: Perhatikan! Ini Gejala dan Cara Cegah Anak dari Hepatitis Akut Misterius

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X