Antisipasi Hepatitis Misterius di Sumbar, RSUP M. Djamil Jadi RS Rujukan

- Selasa, 10 Mei 2022 | 14:20 WIB
RSUP M. Djamil Padang
RSUP M. Djamil Padang

HARIAN HALUAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat siapkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil di Kota Padang sebagai rumah sakit umum rujukan untuk menangani penyakit hepatitis misterius.

Kepala Dinkes Sumbar Lila Yanwar mengatakan langkah tersebut sebagai langkah antisipasi terhadap kemunculan penyakit hepatitis unknown etiology (belum diketahui penyebabnya) di Sumbar yang telah memicu kematian seorang bayi asal Solok Selatan pada  Senin, 2 Mei 2022 lalu

"Kita menyiapkan rumah sakit rujukan bila kasus ini berat dan untuk sementara, kita meminta Rumah Sakit M. Djamil," katanya saat konferensi pers di Kantor Dinkes Sumbar pada Selasa 10 Mei 2022.

Baca Juga: Bertambah, 5 Pasien Anak di Indonesia Meninggal Dunia Diduga Akibat Hepatitis Akut

Menurutnya, alasan ditunjuknya RSUP M. Djamil sebagai rumah sakit rujukan yaitu karena RS tersebut memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap karena sebelumnya, RSUP M Djamil Padang juga sudah pernah menjadi rumah sakit rujukan dalam menangani pasien Covid-19, sehingga dinilai layak untuk menjadi rumah sakit rujukan bagi penyakit lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan, Medik, dan Keperawatan RSUP M Djamil Bestari Jaka Budiman menjelaskan pihaknya menyiapkan 8 ruang isolasi, 2 ruang PICU, dan 8 ruang MICU untuk menangani pasien kasus hepatitis misterius.

"Jumlah tersebut bisa berubah apabila terjadi penambahan kasus dan RSUP M. Djamil juga telah menyiapkan laboratorium untuk memeriksa penyakit hepatitis A, B, C, dan E serta dalam persiapan regen untuk pemeriksaan hepatitis B," katanya.

Baca Juga: Tips Cegah Penularan Hepatitis pada Anak dan Lansia yang Wajib Diketahui

Kemudian, RSUP M. Djamil juga telah menyiapkan tim tenaga medis untuk menangani pasien kasus hepatitis misterius, termasuk dari kalangan dokter anak.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X