Bak Akhir Zaman, Langit Merah Menyala di Cina

- Selasa, 10 Mei 2022 | 14:44 WIB
Langit Merah di Cina
Langit Merah di Cina

HARIAN HALUAN - Sebuah fenomena seperti akhir zaman terjadi di Cina. Dimana langit di Provinsi Zhejiang terlihat merah menyala hingga membuat warga sekitar heran.

Laporan dari biro meteorologi lokal Zhoushan, sebuah kota di Provinsi Zhejiang China Timur, mengumumkan pada Minggu (8/5/2022), bahwa langit merah menyala yang muncul disebabkan oleh pembiasan dan hamburan cahaya.

Kemungkinan besar sumber hamburan cahaya berasal dari lampu kapal di pelabuhan. Fenomena bak akhir zaman ini muncul di Zhoushan, hal ini terekam dalam video dan foto yang diambil oleh penduduk setempat.

Baca Juga: Mengapa Alquran Diturunkan ke Langit Dunia Lebih Dulu?

Fenomena langit merah ini menjadi salah satu trending topic teratas di media sosial mirip Twitter versi China, Sina Weibo. Berbagai unggahan terkait fenomena ini menarik lebih dari 150 juta tampilan pada Minggu malam.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Sungguh mengherankan, langit bahkan bisa berubah menjadi merah," ujar salah satu pembuat video, dikutip dari Global Times, Selasa (10/5/2022).

Staf Biro Meteorologi Zhoushan menjelaskan, langit merah dan berawan di Zhoushan pada Sabtu (7/5) dan gerimis kemungkinan disebabkan oleh pantulan cahaya dari awan tingkat rendah.

"Saat kondisi cuaca bagus, lebih banyak air di atmosfer membentuk aerosol yang membiaskan dan menyebarkan cahaya kapal penangkap ikan dan membuat langit merah terlihat oleh publik," kata staf biro meteorologi.

Beberapa warganet merujuk pada peristiwa serupa saat fenomena langit merah muncul selama sembilan hari di banyak negara pada tahun 1770. Kejadian ini diklaim oleh ilmuwan Jepang dalam sebuah artikel ilmiah pada tahun 2017, disebabkan oleh aktivitas Matahari yang masif.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X