Penjelasan WHO soal Keterkaitan Covid-19 dengan Penyakit Hepatitis Akut yang Menyerang Anak-anak

- Rabu, 11 Mei 2022 | 15:55 WIB
Ilustrasi anak terkena hepatitis misterius
Ilustrasi anak terkena hepatitis misterius

HARIAN HALUAN - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi terdapat 349 kasus diduga hepatitis akun yang belum diketahui asalnya, Selasa 10 Mei 2022.

Selain itu, penelitian hubungan adenovirus dan infeksi Covid-19 terhadap penyakit hepatitis yang menyerang anak-anak ini juga terus ditingkatkan.

WHO menyebut adanya hipotesis mengenai keterlibatan adenovirus dengan kasus hepatitis akut yang menjadi misterius ini.

Baca Juga: Benarkah Hepatitis Misterius Diduga Berkaitan dengan Covid-19, Begini Kata WHO

Penyakit hepatitis akut tersebut dilaporkan terdeteksi di 20 negara, dengan 70 kasus tambahan dari 13 negara lainnya menunggu hasil tes. Sementara enam negara lainnya melaporkan lebih dari lima kasus dengan lebih dari 160 dilaporkan di Inggris seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA).

"Selama seminggu terakhir, ada beberapa kemajuan penting dengan penyelidikan lebih lanjut dan beberapa penyempurnaan hipotesis kerja," ujar Philippa Easterbrook dari program hepatitis global WHO dalam konferensi pers.

Philippa mengugkapkan saat ini Inggris telah mengoodinasikan serangkaian studi untuk melihat genetika anak-anak yang tekena dampak, respon kekebalan, virus dan studi epidemologi lebih lanjut.

Baca Juga: Waspada Gejala Hepatitis Akut Lebih Banyak Infeksi Anak Balita

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat telah menyelidiki 109 kasus serupa termasuk lima kematian akibat hepatitis akut.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LaNyalla Minta Pemerintah Serius Berantas Pungli

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:22 WIB
X