Bandingkan IKN dengan Putrajaya, Dahlan Iskan: Ibarat Pohon, Daunnya Lebat Buahnya Jarang

- Rabu, 11 Mei 2022 | 19:32 WIB
Presiden Jokowi memimpin acara prosesi Kendi Nusantara di IKN Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022) /Youtube Setpres
Presiden Jokowi memimpin acara prosesi Kendi Nusantara di IKN Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022) /Youtube Setpres

HARIAN HALUAN - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan membandingkan ibu kota baru (IKN) Nusantara dengan Ibu Kota Malaysia, Putrajaya. Menurutnya, bangunan baru negara tetangga itu masih rindang dengan pepohonan dan begitu rapi.

Untuk diketahui, Putrajaya merupakan ibu kota baru yang menggantikan Kuala Lumpur sejak 1999. Dulunya, daerah tersebut merupakan lahan perkebunan karet dan kelapa sawit yang bernama Prang Besar

Mengutip dari @disway.id, Rabu (11/5/2022), Dahlan menuliskan sudah lebih banyak bangunan baru di Putrajaya. Namun, suasana di sana masih rindang dengan pepohonan.

Baca Juga: Dahlan Iskan: Move on dari Masa Lalu, Tidak Boleh Sentimen

"Yang membuat IKN ini lebih indah adalah danau-danaunya. Semuanya danau buatan. Untuk menyerap udara panas Putrajaya. Ada satu danau yang dibuat menggelang. Sehingga terbentuk pulau di tengahnya," tulis Dahlan.

Dahlan menuturkan jumlah penduduk Putrajaya memang dibatasi. Saat ini jumlahnya cuma 100 ribu orang. Namun, daerah itu kurang enak untuk tempat tinggal.

"Ibarat pohon, daunnya lebat buahnya jarang. Membosankan," tambah Dahlan.

Padahal, Putrajaya jaraknya hanya 50 km dari Kuala Lumpur dan usianya sudah di atas 20 tahun. Selain itu, untuk mencapai Putrajaya hanya memakan waktu lima menit dari pintu tol jurusan Kuala Lumpur Bandara Internasional Sepang.

Lebih lanjut, Dahlan mengatakan seperti juga IKN Nusantara, pemindahan IKN ke Putrajaya pernah terganjal krisis. Pembangunan IKN oleh covid-19, Putrajaya oleh krisis moneter (krismon) 1998.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X