Badai di Padang Puluhan Pohon Tumbang, DLH Klaim Karena Ada Bekas Pembakaran Sekitarnya

- Kamis, 12 Mei 2022 | 18:50 WIB
BPBD Kota Padang tengah lakukan evakuasi pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang
BPBD Kota Padang tengah lakukan evakuasi pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang

HARIAN HALUAN - Terdapat puluhan titik pohon tumbang di Kota Padang ketika badai melanda Kota Padang pada Rabu, 11 Mei 2022 kemarin. 

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang, 12 di antaranya tumbang di ruas jalan, sedangkan 11 lainnya menimpa rumah warga.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menilai, pohon-pohon yang tumbang di Kota Padang pada umumnya dipengaruhi pengrusakan pada daerah sekitar akar pohon.

Baca Juga: Angin Kencang Landa Kota Padang, 23 Pohon Dilaporkan Tumbang

"Berdasarkan pengamatan DLH sejauh ini, selama pohon-pohon itu tidak diganggu, misalnya dengan tidak membakar sampah di sekitar pohon itu, tidak ada masalah," sebutnya ketika dihubungi Haluan pada Kamis, 12 Mei 2022.

Lebih lanjut ia menjalaskan, dari 11.148 pohon pelindung kota di Padang, sebagian di antaranya berusia lebih dari 100 tahun dan masih kokoh, tidak pernah tumbang.

"Pohon di Padang usianya beragam, bahkan sampai 100 tahun. Di area-area tertentu, pohon-pohon tua itu masih aman, seperti di daerah belakang Telkom Padang Baru dan di Jalan Hiligoo. Usianya ada yang ratusan tahun, karena tidak ada pembakaran" imbuhnya.

Baca Juga: Pohon Tumbang Timpa Sebuah Rumah di Lubuk Basung Agam

Untuk mengantisipasi bahaya dari pohon-pohon yang lingkungannya terjaga, menurut Mairizon cukup dengan dipangkas, bukan ditebang.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X