Terkait Kasus Hepatitis, Puan Maharani Ingatkan Pemerintah Beri Informasi Jelas Pada Masyarakat

- Jumat, 13 Mei 2022 | 12:42 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani minta pemerintah benar-benar serius menyikapi hepatitis misterius akut. (Sumber foto: Instagram @puanmaharaniri)
Ketua DPR RI Puan Maharani minta pemerintah benar-benar serius menyikapi hepatitis misterius akut. (Sumber foto: Instagram @puanmaharaniri)

HARIAN HALUAN - Ketua DPR RI Puan-Maharani">Puan Maharani ingatkan pemerintah agar terus memberi penjelasan yang akurat kepada masyarakat terkait kasus dan penanganan penyakit tersebut. 

Puan-Maharani">Puan Maharani pun juga mengingatkan pemerintah terus memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) agar menjaga peserta didik dari penyebaran hepatitis.

Menanggapi hal itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto mengatakan pihaknya juga mendorong masyarakat untuk mengakses informasi terkait hepatitis dari sumber yang kredibel dan terpercaya. 

Baca Juga: Bersyukur UU TPKS Resmi Diundangkan, Puan Maharani Desak Pemerintah Terbitkan Peraturan Turunan

Masyarakat diminta untuk mengakses informasi akurat yang telah disediakan pemerintah atau lembaga atau organisasi yang mempunyai otoritas.

"Sebenarnya saluran resmi masyarakat tentang hal itu ada. Di IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) pun sudah menyediakan nomor khusus untuk bertanya. Kemudian di Kemenkes ada juga pakai 119. Di Rumah Sakit Soeroso (RSIA RP Soeroso) juga sudah bisa," ujar Agus.

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi terkait kekhawatiran merebaknya hepatitis akut pada anak yaitu mengatakan Rapat untuk membahas persoalan bersama Kemenko PMK dan Kemenkes.

Baca Juga: Puan Minta Hepatitis Akut Cepat Ditangani, Pemerintah: Seluruh Sumberdaya Dikerahkan

"Sebelum lebaran kita sudah rapat dengan Kemenkes untuk mengantisipasi peningkatan kasus hepatitis dan rapat itu membahas beberapa tema pokok, di antaranya prosedur penanganan yang bisa diantisipasi, menetapkan laboratorium yang akan ditingkatkan kemampuannya untuk memeriksa hepatitis, menetapkan rumah sakit yang bisa dijadikan tumpuan utama dalam penanganan hepatitis, dan komunikasi risiko.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB

Mau Pulih dari Ketergantungan Narkoba? Ini Solusinya!

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:01 WIB

Elon Musk Jual Saham Tesla 103 T, Kode Beli MU?

Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:22 WIB
X