Masyarakat Sipil Nilai Puan Maharani Serius dalam Memperjuangkan UU TPKS

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 00:16 WIB
Dari berbagai survei popularitas dan elektabilitas  yang dilakukan lembaga survei, peringkat Puan memang jauh di bawah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil (dok, Portal Jember-Pikiran Rakyat)
Dari berbagai survei popularitas dan elektabilitas yang dilakukan lembaga survei, peringkat Puan memang jauh di bawah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil (dok, Portal Jember-Pikiran Rakyat)

HARIAN HALUAN - Ketua DPRD Republik Indonesia, Puan Maharani berharap Pemerintah Republik Indonesia segera menertibkan peraturan-peraturan turunan dari Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU-TPKS).

Ia beranggapan, pemerintah dapat mengundang sejumlah kelompok masyarakat sipil dalam pembahasan Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Presiden (Perpres).

Menurutnya, UU TPKS dapat menjadi tameng pelindung masyarakat terhadap ancaman-ancaman kekerasan seksual serta memberi keadilan kepada penyintas kekerasan seksual.

Baca Juga: Pengamat: Elektabilitas Puan Maharani Bisa Meningkat Selama Membela Kepentingan Rakyat

“Lewat UU TPKS dan aturan turunannya, Negara dapat menjamin rasa aman rakyat dan perlindungan dari ancaman kekerasan seksual. Payung hukum ini juga akan memberi keadilan bagi seluruh korban,” kata Puan.

Diketahui, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menandatangani UU Nomor 12 Tahun 2022 Tentang TPKS, melalui Lembaran Negara Tahun 2022 Nomor 120 pada 9 Mei 2022 lalu.

Dikutip dari salinan undang-undang yang diunggah di laman resmi Sekretariat Negara, Rabu 11 Mei 2022 lalu, undang-undang tersebut memuat beberapa pokok penting dalam memberi perlindungan terhadap masyarakat yang rentan terhadap kekerasan seksual.

Baca Juga: Puan Desak Penculik yang Cabuli Anak Dijerat dengan UU TPKS

Antara lain dalam pasal ketiga memuat langkah pencegahan terhadap bentuk kekerasan seksual, tahap penanganan, perlindungan hingga pemulihan korban.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X