4 Ekor Sapi Diduga Terserang PMK Ditemukan di Sumbar, Pasar Ternak Palangki Sijunjung Ditutup

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:05 WIB
LintasIde.com/foto Didi: Wakil Bupati Garut melihat langsung kondisi sapi dipeternak yang mengidap PMK, tercatat ada 381 ekor yang positif PMK
LintasIde.com/foto Didi: Wakil Bupati Garut melihat langsung kondisi sapi dipeternak yang mengidap PMK, tercatat ada 381 ekor yang positif PMK

HARIAN HALUAN- Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi, sudah ditemukan di Sumatra Barat, setidaknya sudah empat sapi yang hasil uji laboratorium diduga menunjukkan gejala tersebut.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, drh. Erinaldi, bahwasanya sudah ada empat ekor sapi diduga terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Iya, kemarin kita sudah melakukan uji laboratorium yang dari hasilnya empat ekor sapi memang positif PMK, di pelangki, Sijunjung," ujar Erinaldi, Jumat 13 Mei 2022.

Baca Juga: Mentan Bergerak Cepat Cegah PMK di Jawa Tengah

Untuk keempat sapi tersebut, dikatakannya saat ini telah diisolasi di kandang karantina yang ada di Pasar Ternak Palangki, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

"Kita langsung karantina sapi-sapi tersebut, untuk mencegah terjadinya penularan terhadap sapi lainya," ujarnya.

Untuk pencegahan lebih lanjut, mulai besok Pasar Ternak Palangki ditutup sementara dan kegiatan jual beli dan arus lalu lintas ternak dari pasar ternak itu sementara dihentikan.

Baca Juga: Solsel Masih Nihil Wabah PMK, Kenali Gejala Hewan Ternak yang Terinfeksi

Erinaldi menjelaskan keempat ekor ternak sapi tersebut setelah diselidiki diketahui berasal dari daerah Riau dan setelah ditracking lebih lanjut ternyata berasal dari Aceh Tamiang.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X