Kolaborasi Untuk Sumbar, HIPMI Sumbar dan JCI West Sumatera Gelar Kelas Kepemimpinan dan Enterpreneurship

- Minggu, 15 Mei 2022 | 12:00 WIB
Kolaborasi Untuk Sumbar, HIPMI Sumbar dan JCI West Sumatera Gelar Kelas Kepemimpinan dan Enterpreneurship (Ade Suhendra)
Kolaborasi Untuk Sumbar, HIPMI Sumbar dan JCI West Sumatera Gelar Kelas Kepemimpinan dan Enterpreneurship (Ade Suhendra)

HARIAN HALUAN - Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan yang dapat dimiliki oleh setiap orang untuk memimpin atau menginspirasi orang lain untuk mengerjakan sesuatu sesuai dengan arahan yang diberikan. 

Kemampuan untuk memimpin dibutuhkan oleh seseorang ujntuk memimpin sebuah perusahaan, kelompok atau organisasi yang dimana dengan adanya pemimpin dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas didalam sebuah organisasi/perusahaan tersebut.

Kepemimpinan dan entrepreneurhsip tidak dapat dipisahkan secara langsung karena biasanya seorang pemimpin juga harus memiliki atau memahami bisnis dari perusahaan yang dia pimpin. 

Baca Juga: HIPMI Sumbar Dorong dan Dukung Pemerintah Daerah Permudah Investasi

Begitu juga sebaliknya, seorang pebisnis harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk memimpin staff yang bekerja pada unit usaha mereka. 

Berangkat dari hal tersebut, HIPMI Sumatera Barat dan JCI Sumatera Barat sebagai salah satu organisasi terbesar di Sumatera Barat gelar Kelas Kepemimpinan.

Ketua BPD HIPMI Sumbar Brian Putra Bastara mengatakan Kelas Kepemimpinan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan ditengah masyarakat dan membantu para pemimpin awal untuk masuk ke dunia usaha sehingga dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat Sumatera Barat 

Baca Juga: HIPMI Sumbar Dorong Pengusaha Rantau Investasi di Ranah Minang

"Beberapa materi yang akan dicover didalam kelas ini antara lain teori kepemimpinan, responsibilites Ppemimpin (boundaries and delegation), komunikasi pemimpin dan management people, bagaimana mempengaruhi dan memotivasi orang lain, kepemimpinan didalam tim, konflik resolution, problem solving, reward and punishment," kata Brian, Minggu 15 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X