Rutan Kelas II B Padang Bakal Pindahkan 25 Tahanan, Antispasi Keributan yang Dipicu Seorang Tahanan

- Minggu, 15 Mei 2022 | 17:22 WIB
Rutan Kelas II B Padang, Jalan Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
Rutan Kelas II B Padang, Jalan Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

HARIAN HALUAN - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Padang, Jalan Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang memindahkan 25 tahanan ke penjara-penjara lain yang tersebar di Sumatera Barat, Minggu, 15 Mei 2022.

Berdasarkan pantauan Harian Haluan di Rutan Kelas II B Padang, terdapat beberapa mobil kepolisian, ambulan, hingga pemadam kebakaran yang siaga di lokasi.

Menurut Kepala Rutan Kelas II B Padang, Muhammad Mehdi, pemindahan tahanan-tahanan tersebut dipicu oleh adanya seorang tahanan yang protes karena tidak segera diizinkan melayat anggota keluarganya yang meninggal dunia.

Baca Juga: Wajah Memelas Pakai Baju Tahanan, Indra Kenz Minta Maaf Soal Trading Binomo: Tak Ada Niat Menipu

"Salah satu warga binaan, orang tuanya meninggal, sehingga dia minta izin keluar untuk melayat namun karena persyaratannya tidak lengkap dan saat itu sudah malam, dibolehkan pergi melayat besok paginya, namun tidak pada malam itu," terang Mehdi ketika ditemui Harian Haluan di Rutan Kelas II B.

Namun terpidana tersebut tidak puas dengan jawaban petugas, sehingga ia tetap memaksa agar diizinkan pergi pada malam hari itu juga.

"Dia marah dan berbicara dengan nada tinggi kepada petugas lapas. Sedangkan saya hanya mengikuti aturan, apabila saya izinkan tentu saya salah juga," imbuh Mehdi.

Menurut Mehdi, tidak sempat terjadi kerusuhan. Namun tahanan tersebut sempat mengajak tahanan lain untuk ikut protes.

Baca Juga: Kronologi Kejadian Direktur Tahti Polda Gorontalo AKBP Beni Mutahir yang Ditembak Mati Tahanan Narkoba

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X