Hepatitis Misterius Diduga Menular Melalui Udara, Inilah Penjelasan Kemenkes

- Senin, 16 Mei 2022 | 13:14 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual terkait Hepatitis Akut (Foto: YouTube Kemenkes RI)
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual terkait Hepatitis Akut (Foto: YouTube Kemenkes RI)

HARIAN HALUAN - Belum usai persoalan kasus Covid-19, kini masyarakat dunia digemparkan dengan temuan kasus hepatitis misterius di berbagai negara termasuk Indonesia. 

Diketahui, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah berupaya untuk memberikan informasi mengenai perkembangan kasus hepatitis misterius yang sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. 

Kemenkes menduga kasus hepatitis misterius dapat menyebar melalui udara atau droplets, sehingga anak-anak di Indonesia harus tetap membiasakan diri menggunakan masker. 

Baca Juga: Kemenkes: Hepatitis Akut Bisa Menular Lewat Udara, Tetap Pakai Masker

"Ada juga dugaan hepatitis virus atau Adenovirus yang bermutasi seperti itu sehingga hanya mengetahui kemungkinan besar selama ini, hepatitis banyak menular melalui fecal-oral melalui makanan," ujar Siti Nadia Tarmizi selaku juru bicara Kementerian Kesehatan.

Ia menjelaskan dugaan menular dari udara ternyata berdasarkan data dari Inggris bahwa sebanyak 92 persen adenovirus berada dalam diri anak-anak yang menderita hepatitis misterius

"Disebutkan bahwa anak-anak yang menderita hepatitis misterius juga mengalami keluhan pada saluran pernafasan hingga saluran cerna," ujarnya.

Baca Juga: Kemenkes Temukan 18 Orang Dugaan Kasus Hepatitis Akut, Salah Satunya di Sumatera Barat

Menurutnya, meski belum diketahui asal penyebabnya, Kemenkes masih berupaya memantau perkembangan hepatitis misterius tersebut, termasuk tentang kemungkinan menular pada orang dewasa. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X