Terkait Larangan Ekspor CPO, Petani Sawit akan Gelar Aksi Besok dan Bawa 5 Tuntutan

- Senin, 16 Mei 2022 | 18:21 WIB
ilustrasi petani sawit/foto: istimewa
ilustrasi petani sawit/foto: istimewa

HARIAN HALUAN- Terkait kebijakan larangan ekspor minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) akan menggelar aksi di Jakarta, Selasa 16 Mei 2022.

Aksi dilakukan buntut dari adanya larangan ekspor CPO oleh pemerintah yang membuat TBS (Tandan Buah Segar) di tingkat petani banyak yang tidak terserap oleh perusahaan. Hal tersebut membuat harga TBS anjlok saat ini.

Aksi ini akan dilakukan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian RO dan Patung Kuda selanjutnya, direncakan untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Istana.

Baca Juga: Serius Tangani Stunting, Kota Payakumbuh Miliki 276 Tim Pendamping Keluarga Bergerak

Ketua Umum DPP Apkasindo Gulat ME Manurung mengatakan, aksi yang dilakukan besok bakal diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua Barat.

"Petani sawit yang datang ke Jakarta mulai dari Aceh sampai Papua Barat akan berpakaian adat-budaya masing-masing. Kami ingin menunjukkan sawit itu pemersatu bangsa dan anugerah Tuhan kepada Indonesia," ujar Manurung yang dikutip dari Sindonews.com, Senin (16/5/2022).

Dalam aksi tersebut, kata Manurung, terdapat lima pesan yang akan disampaikan kepada pemerintah.

Baca Juga: Konsumsi dan Edarkan Sabu, Juru Parkir di Padang Ditangkap Tim Rajawali Polresta Padang

Pertama, menyampaikan aspirasi kepada presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya melindungi 16 juta petani sebagai dampak turunnya harga TBS sawit sebesar 70% di 22 provinsi sawit.

Kedua, meminta presiden Jokowi meninjau ulang kebijakan larangan ekspor sawit dan produk Minyak Goreng Sawit (MGS) serta bahan bakunya karena dampaknya langsung ke harga TBS sawit.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X