Maraknya Penyebaran PMK pada Hewan, Ini Langkah Tepat Cegahnya Kata Akademisi Peternakan Unand

- Senin, 16 Mei 2022 | 19:16 WIB
Jelang Idul Adha 1443 Hijriah, stok hewan qurban di KBB aman di tengah wabah PMK  (Photo: ilustrasi / istimewa )
Jelang Idul Adha 1443 Hijriah, stok hewan qurban di KBB aman di tengah wabah PMK (Photo: ilustrasi / istimewa )

HARIAN HALUAN - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan pemeriksaan terhadap empat sapi kurban yang sakit di daerah Palangki, Kabupaten Sinjunjung dan memastikan hewan itu terinfeksi virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Seperti diberitakan Harian Haluan sebelumnya, Disnakkeswan menaggapi temuan tersebut dengan menutup pasar ternak dan melakukan isolasi selama 14 hari terhadap sapi yang masuk ke Sumbar, serta memperketat pengawasan bagi kendaraan yang membawa sapi dari luar Sumbar.

Menanggapi hal tersebut, dokter hewan yang juga merupakan akademisi Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Unand) Dr. drh. Yulia Yellita mengatakan langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah sudah tepat.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran PMK, Pemko Payakumbuh Tutup Sementara Pasar Ternak

"Langkah pemprov untuk membatasi lalu lintas ternak sudah tepat, terutama di wilayah yang sudah ada kasus infeksi PMK yaitu di Sijunjung dan terhadap wilayah yang telah terdapat hewan suspect (diduga kuat) atau positif terjangkiti PMK maka harus dilakukan lock down," ujar Yulia ketika dihubungi Haluan, Senin 16 Mei 2022.

Menurutnya, terhadap hewan yang sudah suspect terinfeksi PMK, langkah yang tepat yakni dengan menempatkan hewan tersebut di satu lokasi kemudian membatasi pertemuan hewan itu dengan manusia atau hewan lainnya agar tidak terjadi pemindahan virus.

"Sama seperti penanganan virus Corona pada manusia, apabila akan bertemu dengan hewan itu harus menggunakan APD dan bahkan lalat pun jangan sampai hinggap pada hewan tersebut agar virusnya tidak pindah," terangnya.

Baca Juga: Wabah PMK di Level Mengkhawatirkan, Usaha Daging Sapi Terancam Berhenti

Diketahui sebelumnya, virus PMK menyerang hewan berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba, rusa, hingga babi.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X