Antisipasi Ancaman PMK, Bupati Solok Selatan Keluarkan Surat Edaran

- Selasa, 17 Mei 2022 | 08:34 WIB
Apel gabungan di depan kantor bupati Solsel
Apel gabungan di depan kantor bupati Solsel

HARIAN HALUAN - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mengeluarkan surat edaran Nomor: 524.35/ 341/Distan-2022 tentang pengendalian dan penanggulangan terhadap ancaman wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak.

Berikut bunyi surat edaran tersebut yang ditandatangani Bupati Khairunas, 14 Mei 2022 dan diterima Haluan Selasa, 17 Mei 2022.

Untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat Nomor 559/ED/GSB-2022 tanggal 12 Mei 2022 tentang Pengendalian dan Penanggulangan Ternak Ancamam Masuk dan Menyebarnya Penyakit Mulut dan Kuku (Food and Mouth Disease)/ PMK ke Dalam Wilayah Sumatera Barat, maka diharapkan Saudara untuk dapat:

Baca Juga: Solsel Masih Nihil Wabah PMK, Kenali Gejala Hewan Ternak yang Terinfeksi

1. Camat dan Walinagari

-Melarang pemasukan/perdagangan/jual beli ternak ruminansia (sapi, kerbau, kambing dan domba) dan babi dan produknya dari wilayah wabah/yang sedang ada kasus atau dugaan PMK ke dalam daerah Kabupaten Solok Selatan.

-Memperketat pengawasan pemasukan sapi dan kerbau serta produknya di pintu-pintu masuk kabupaten. Ternak dan produk yang dilalulintaskan harus memiliki surat keterangan asal ternak dan sertifikat veteriner (SKKH).

-Mengidentifikasi dan melakukan pengawasan kesehatan hewan pada sentra-sentra peternakan dan perdagangan (pasar ternak) sapi, kerbau, kambing, domba dan babi.

Baca Juga: Tulang Punggung Ekonomi di Solsel Sektor Pertanian, Pemprov Sumbar Minta Inovasi dan Kreatifitas

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X