Hari Buku Nasional Diperingati Tanggal 17 Mei 2022, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya

- Selasa, 17 Mei 2022 | 10:54 WIB
ilustrasi
ilustrasi

HARIAN HALUAN - Peringatan Hari Buku Nasional jatuh pada tanggal 17 Mei sekaligus merupakan HUT Perpusnas ke-42. Perayaan Hari Buku Nasional sendiri yaitu guna mendorong tumbuhnya budaya literasi, terutama minat baca dan menulis di kalangan masyarakat Indonesia.

Rendahnya budaya membaca buku di Indonesia sudah menjadi masalah yang melanda sejak dulu. Kondisi ini berkaitan dengan angka melek huruf yang rendah di dalam negeri.

Merujuk survei di tahun 2016 oleh Central Connecticut State University, minat baca masyarakat Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara yang terlibat survei.

Bahkan menurut UNESCO, persentase minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, yaitu hanya 0,001 persen.

Hal ini diperburuk dengan tingginya angka buta huruf di Indonesia yang memprihatinkan. Data terakhir yang dirilis oleh BPS pada 2020 menyebutkan bahwa masih ada sekitar 1,93 persen penduduk Indonesia yang buta huruf.

Artinya, masih ada sekitar 5.237.053 penduduk Indonesia yang tidak bisa membaca aksara. Angka buta huruf tertinggi tersebar di enam provinsi, termasuk Papua, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Barat.

Oleh karena itu, perayaan Harbuknas dijadikan momen untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terkait pentingnya membaca buku.

Kampanye-kampanye budaya membaca diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan mengatasi buta huruf dalam negeri.

Landasan pengetahuan yang meningkat ini membantu kita membuat pilihan yang lebih baik. Hari Buku Nasional mewadahi kita serta terus mengingatkan kita bahwa buku menjadi bagian penting dalam tonggak pengetahuan bangsa.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB
X